Minggu, 07 Mar 2021 15:02 WIB

Terpopuler Sepekan: Daftar Gejala Corona B117, Varian Baru yang Masuk RI

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Isolation Quarantine Coronavirus Covid 19 Gejala terkait infeksi varian Corona B117. (Foto ilustrasi: Getty Images/Xesai)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Tepat setahun Corona mewabah di Indonesia pada 2 Maret 2021, Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono mengungkap ada dua kasus varian Corona B117 yang telah terdeteksi di Tanah Air.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," sebut Wamenkes dalam konferensi pers Selasa (2/3/2021).

Meski begitu, dua kasus yang berasal dari Karawang, Jawa Barat, itu kini dilaporkan telah negatif COVID-19.

Terkait hal ini, peneliti genomik molekuler dan anggota Konsorsium COVID-19 Genomics UK, Riza Arief Putranto, mengatakan bahwa varian Corona B117 diprediksi akan mendominasi dan menggantikan jenis virus Corona yang telah beredar saat ini.

"B117 itu lebih cepat, kemungkinan besar hampir peneliti-peneliti besar di dunia memprediksi varian ini akan menggantikan varian yang dominan saat ini," ucap Riza dalam diskusi online CISDI Sabtu (6/3/2021).

"Kalau dia dominan, lebih cepat, risikonya apa, akan lebih banyak orang ke rumah sakit, akan berulang lagi siklus yang kita alami di awal dulu pandemi," pungkasnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap varian Corona B117, berikut gejala-gejala COVID-19 yang telah ditemukan pada pasien di Inggris.

1. Kelelahan dan merasa lesu

Sejumlah pasien yang terinfeksi varian Corona B117 ditemukan mengalami gejala COVID-19 berupa kelelahan. Menurut para pakar dari Inggris, gejala ini disertai dengan rasa pusing.

Hal ini dapat terjadi karena adanya respons dari sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi virus Corona, sehingga membuat tubuh menjadi lelah secara terus-menerus.

2. Nyer otot

Banyak pasien Corona mengeluhkan gejala nyeri otot saat terinfeksi varian Corona B117. Jumlahnya pun meningkat sebanyak dua kali lipat di Inggris.

Gejala COVID-19 ini dapat terjadi karena virus menyerang serat otot. Selain itu, peradangan akibat infeksi juga bisa menyebabkan nyeri otot.

3. Mual hingga pusing

Selanjutnya, gejala yang juga dirasakan oleh pasien Corona di Inggris adalah mual hingga pusing. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain selain COVID-19.

Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika mengalami gejala COVID-19 seperti ini adalah dengan istirahat yang cukup dan mengatur pola makan.

Layanan Kesehatan Inggris (NHS) pun telah menemukan sejumlah gejala COVID-19 yang dialami pasien saat terinfeksi varian Corona B117. Dikutip dari Express UK, berikut gejala-gejalanya.

1. Sakit (radang) tenggorokan
2. Diare
3. Konjungtivitis (mata merah)
4. Sakit kepala
5. Ruam pada kulit
6. Perubahan warna (discolouration) pada jari tangan dan kaki.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI