Senin, 08 Mar 2021 12:01 WIB

3 Negara Ini Sudah Temukan 'Varian Raja' Corona B1351 Asal Afrika Selatan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
enlarged coronavirus, covid-19 under the flag of South Africa. Pandemic of respiratory disease. 3D rendering 3 negara yang mengkofirmasi kasus varian baru Corona Afsel B1351. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Gilnature)
Jakarta -

Dari banyaknya varian baru Corona, salah satu yang diwaspadai para ilmuwan di dunia adalah Corona B1351. Sebelumnya, varian ini ditemukan di Afrika Selatan pada Oktober lalu dan mulai menyebar ke beberapa negara lainnya termasuk Asia.

Menurut peneliti genomik molekuler sekaligus anggota Konsorsium COVID-19 Genomics UK Riza Arief Putranto, varian ini digambarkan seperti 'varian raja'. Varian ini punya beberapa mutasi yang terbukti melemahkan efek perlindungan pada beberapa vaksin.

"B1351 ini jokenya di antara teman-teman yang melakukan riset genomic atau virolog itu varian raja," katanya dalam diskusi online CISDI, beberapa waktu lalu.

Selain di Afrika Selatan, 'varian raja' B1351 ini juga sudah mulai menyebar di beberapa negara di dunia. Berikut 3 negara yang mengkonfirmasi kasus Corona B1351 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Denmark

Pihak Statens Serum Institute (SSI) mengkonfirmasi adanya varian B1351 di Denmark. Dikutip dari Xinhuanet, varian tersebut pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Diketahui, varian B1351 ini diidentifikasi di Denmark pada saat pertengahan Februari lalu. SSI mengatakan, sudah ada 13 kasus infeksi yang disebabkan varian tersebut. Dua kasus terbarunya dikonfirmasi berasal dari dalam negeri.

Amerika Serikat

Varian B1351 ini dikonfirmasi di dua negara bagian di Amerika Serikat, yaitu Maine dan Virginia. Menurut Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Maine, Dr Nirav Shah ini menjadi kasus pertama yang terjadi di sana.

Dikutip dari News Center Maine, dr Shah mengatakan ia masih tidak menduga bahwa varian baru virus Corona tersebut bisa terdeteksi. Menurutnya, karena persentase sampel positif di sana cukup tinggi, tidak heran jika varian tersebut bisa ditemukan.

Kasus varian baru Corona B1351 ini juga teridentifikasi pada sampel dari seorang penduduk di Virginia. Dikutip dari WHSV, Departemen Kesehatan Virginia menjelaskan orang tersebut sebelumnya tidak memiliki riwayat bepergian.

Filipina

Otoritas Filipina mendeteksi sekitar 52 kasus varian baru virus Corona Afrika Selatan B1351 di wilayahnya. Dikutip dari Channel News Asia, Kementerian Kesehatan Filipina mengumumkan sekitar 41 kasus di antaranya terdeteksi di wilayah Manila, sementara sisanya masih diverifikasi.



Simak Video "Ilmuwan Ungkap Varian Virus Corona yang Berbeda di Nigeria"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)