Kamis, 11 Mar 2021 14:32 WIB

Perhimpunan Ahli Gizi Sentil Diet Tya Ariestya: Sayur Tidak Bikin Gemuk!

Ardela Nabila - detikHealth
Homemade Autumn Apple Walnut Spinach Salad with Cheese and Cranberries Pakar gizi tegaskan sayur tak bikin gemuk. (Foto: iStock)
Jakarta -

Buku berisi pengalaman diet artis Tya Ariestya sempat menjadi sorotan dan menuai kontroversi di kalangan ahli gizi. Pasalnya, ia menyebutkan bahwa sayur dapat menghambat penurunan berat badan.

Terkait hal tersebut, Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Profesor Hardinsyah, menyebutkan bahwa tidak terdapat bukti yang menyatakan bahwa sayur dapat mengganggu penurunan berat badan.

"Tidak ada bukti bahwa sayur itu mengganggu penurunan berat badan," kata Hardinsyah dalam webinar Pergizi Pangan, Rabu (10/3/2021), dikutip dari CNN Indonesia.

Disebutkan oleh Hardinsyah, justru terdapat sejumlah studi yang menunjukkan bahwa sayur dapat menurunkan berat badan.

"Bahkan [sayur] mendukung terjadinya percepatan penurunan berat badan," pungkas Hardinsyah.

Menurut data yang didapat dari Nurses Health Studies dan Health Professional's Follow-up Study menunjukkan bahwa seseorang yang meningkatkan asupan buah dan sayur justru lebih cenderung mengalami penurunan berat badan dibandingkan seseorang yang makan dalam jumlah yang sama, tetapi menurunkan asupan sayuran.

Sebab, sayuran mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, serta antioksidan. Herdiansyah juga mengatakan bahwa terdapat nutrisi penting yang hanya didapat dari sayuran dan tidak bisa digantikan dengan makanan lain.

Selain itu, sayur juga terbukti dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik, memperlancar buang air besar, serta bisa membersihkan racun yang terkandung dalam tubuh. Di sisi lain, diet dengan mengurangi asupan sayur malah meningkatkan risiko penyakit pencernaan, kanker, kenaikan berat badan, diabetes, jantung, dan depresi.

Sebagaimana dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, setiap orang dewasa harus mengonsumsi minimal tiga porsi sayur serta dua porsi buah setiap harinya.



Simak Video "Dietku Bukan Dietmu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)