Minggu, 14 Mar 2021 12:33 WIB

Round Up

Broadcast Sentra Vaksinasi Senayan Masih Viral, Cek Faktanya di Sini

Tim detikHealth - detikHealth
Para lansia mengantre di Sentra Vaksinasi Bersama Para lansia mengantre di Sentra Vaksinasi Istora Senayan (Foto: detikHealth)
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan ini, berbagai platform layanan berbagi pesan diramaikan broadcast viral tentang Sentra Vaksinasi di Istora Senayan. Awas, sebagian informasi yang beredar adalah hoax alias menyesatkan.

Kegiatan yang dimaksud adalah Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, kerja bareng antara Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Pemda DKI, dan Indonesia Healthcare Corporation. Digelar di Istora Senayan, Jakarta Selatan, pada 8 Maret hingga 10 Mei 2021.

Nah soal peserta vaksinasi dan tata caranya inilah yang memang simpang siur. Beberapa fakta hasil penelusuran detikcom terangkum sebagai berikut.

Lansia luar DKI Jakarta boleh ikut?

Nah, ini yang paling simpang siur. Resminya, akun Instagram @sentravaksinasibersamaBUMN telah menegaskan bahwa lansia yang bisa dilayani hanya yang memiliki KTP DKI Jakarta, dan harus mendaftar terlebih dahulu secara online.

Penggalan broadcast yang dimaksud mengatakan demikian:

Vaksin nasional di Istora Senayan, Jakarta
Setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu
Pukul : 8.00 SD 16.00
KTP NON-DKI bisa juga
Lansia, pagi hari
Di bawah 60 tahun, siang hari
GO SHOW saja, tanpa daftar2

Namun fakta di lapangan, banyak lansia dari luar DKI ikut datang dan mengantre di lokasi karena informasi yang beredar menyebut kegiatan ini bisa diikuti lansia luar DKI. Mereka juga tidak mendaftar secara online sebelumnya.

Di lokasi, detikcom menemukan beberapa lansia dari Bogor, Depok, maupun Bekasi. Meski tidak mendaftar secara online sebelumnya, mereka tetap dilayani.

Tentunya datang secara Go-Show, dan tidak sesuai jadwal, tidak dianjurkan karena memicu antrean dan kerumunan.

Sentra Vaksinasi BersamaPenegasan tentang peruntukan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Foto: IG @sentravaksinasibersamabumn

Usia 40 tahun ke bawah boleh ikut?

Broadcast yang beredar menyebut ada 3 gate atau pintu masuk di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Ketiganya, menurut broadcast yang viral, adalah sebagai berikut:

  • PINTU A. Diatas 60.
  • PINTU B. Antara 40 sd 60.
  • PINTU C. Dibawah 40.

Faktanya, apakah Sentra Vaksinasi melayani usia 40 tahun ke bawah? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Indonesia Kantongi Lebih dari 141 Juta Dosis Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]