Senin, 15 Mar 2021 16:44 WIB

DPR Pertanyakan Nasib Calon Jemaah Haji yang Tak Bisa Vaksinasi COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Para pekerja hotel dan restoran di Kota Yogyakarta mengikuti vaksinasi COVID-19 yang berlangsung di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Rabu (3/3/2021). (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Calon jemaah haji Indonesia dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan akan mendapat skema khusus pemberian vaksin COVID-19. Hal ini menyusul kebijakan terbaru dari pemerintah Arab Saudi yang mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi seluruh jemaah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, menjelaskan para calon jemaah haji akan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok lansia di atas 60 tahun ditargetkan menjalani vaksinasi di bulan Maret-April, sementara lainnya yang disebut "kelompok masyarakat rentan" akan divaksinasi bulan April-Mei.

Hanya saja Oscar menjelaskan bahwa sebagian kelompok calon jemaah haji lansia memiliki komorbid atau berisiko tinggi. Karena itu kemungkinan ada calon jemaah yang pada akhirnya tidak bisa menerima vaksin.

"Hanya yang memenuhi syarat vaksinasi yang akan memperoleh vaksinasi COVID-19. Kalau ada komorbid tentunya tidak akan dilakukan vaksinasi," kata Oscar dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (15/3/2021).

"Artinya jika jemaah tadi mengalami gangguan kesehatan, komorbid berat, atau kontraindikasi pemberian vaksin maka penyuntikan tidak akan dilakukan," lanjutnya.

Kabar ini kemudian menimbulkan pertanyaan di kalangan komisi VIII DPR Ri. Anggota komisi dari fraksi PKB, Anisah Syakur, mengusulkan kemungkinan calon jemaah yang tak memenuhi syarat vaksinasi COVID-19 bisa dibina terlebih dahulu.

"Orang yang tidak layak divaksin karena ada beberapa penyakit apakah ini secara otomatis tidak bisa berangkat? Atau masih ada pembinaan dalam artian sakitnya apa kemudian dikasih obat, dirawat, atau bagaimana setelah beberapa hari memungkinkan baru divaksin lagi,"

"Kalau memang secara otomatis tidak bisa berangkat, betapa kecewanya mereka itu. Pasti mereka sangat stres sekali," pungkasnya.



Simak Video "57 Ribuan Calon Jemaah Haji Lansia Akan Divaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)