Selasa, 16 Mar 2021 08:19 WIB

Konsumsi Sayur Bikin Gagal Diet? Ini Kata Ahli Gizi

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Ilustrasi Makan Sayur dan Buah Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Beberapa pekan ini, diet menjadi pembahasan yang ramai diperbincangkan. Hal ini dilatarbelakangi dengan berbagai postingan di media sosial hingga buku soal tips diet artis.

Salah satu diet 'ekstrim' yang disinggung adalah tersebut adalah diet tanpa makan sayur. Ada yang menyebut makan sayur saat diet akan bikin tubuh jadi gemuk. Benarkah?

Padahal dengan tidak memakan sayur, tubuh akan kekurangan serat yang nyatanya membuat tubuh mengalami sembelit atau konstipasi.

"Sembelit dapat dihindari dengan mengonsumsi serat yang bisa didapatkan dari buah dan sayur," kata dr Feni Nugraha, MARS, M.Gz, SpGK dalam talkshow Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Minggu (14/3/2021).

Menanggapi pertanyaan dari netizen, para ahli menjawab konsumsi sayur juga tidak membuat tubuh menjadi gemuk dan juga kembung. Dokter spesialis gizi klinik Dr dr Samuel Oetoro, MS., SpGK(K) menyebut, serat wajib dikonsumsi baik oleh pengidap obesitas, atau yang sehat sekali pun.

Kekurangan serat justru bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Masalah paling umum, yakni konstipasi atau sulit buang air besar.

"Serat ini apa bisa menggemukan? Tidak sama sekali, bahkan serat itu mampu membantu program penurunan berat badan," jawab dr Samuel.

Selama dikonsumsi dalam porsi yang sesuai dan diolah dengan cara yang baik, seperti tanpa digoreng dengan minyak berlemak jahat, tak perlu takut serat malah merusak program diet.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)