Selasa, 23 Mar 2021 22:50 WIB

Posisi Tidur Menggambarkan Kepribadian, Kamu Termasuk yang Mana?

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Posisi tidur (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat tidur hingga terbangun keesokan harinya, beberapa orang mungkin menyadari bahwa ia tidur dalam posisi yang sama sepanjang malam.

Pada kondisi ini, posisi tidur tertentu tersebut mungkin sudah menjadi sebuah kebiasaan. Posisi tidur yang sudah menjadi kebiasaan bisa terjadi sejak masa kanak-kanak yang tidak disadari.

Seringkali orang menginginkan posisi tidur tertentu dengan alasan mendapatkan kenyamanan. Namun, sebenarnya ada hubungan antara posisi tidur dengan kondisi kesehatan dan kepribadian seseorang.

Dikutip dari Healthline, beberapa psikolog dan ahli tidur mengatakan kepribadian dapat menjadi faktor yang memengaruhi posisi tidur seseorang.

Profesor dan pakar tidur bernama Chris Idzikowski melakukan survei terhadap 1.000 orang dewasa di Inggris mengenai keterkaitan antara posisi tidur dengan kepribadian. Berikut ini hasil penelitian tersebut dikutip dari Healthline.

1. Posisi meringkuk seperti janin

Dalam penelitian itu ditemukan posisi tidur yang meringkuk seperti janin dalam perut ibu dapat dikaitkan dengan rasa malu dan kepekaan, posisi ini umumnya ditemukan pada perempuan saat tidur.

2. Posisi menghadap ke satu sisi

Sedangkan orang yang tidur menghadap ke satu sisi dengan tangan terulur memiki kepribadian yang terbuka tetapi agak curiga pada sekitarnya. Orang-orang yang tidur dengan posisi ini juga cenderung bertahan dengan keputusan yang telah mereka buat.

3. Posisi tengkurap

Selain itu, orang yang tidur dengan posisi tengkurap, baik dengan tangan di atas bantal atau di bawah bantal ditemukan memiliki kepribadian yang ramah tetapi tidak suka dikritik.

Meski begitu, penelitian ini masih terbatas karena hanya mencakup 1.000 orang.

Sedangkan pada penelitian yang dilakukan oleh Better Sleep Council (BSC) di Amerika dikutip dari Healthline ditemukan adanya hubungan antara tidur dengan kondisi kesehatan.

Diketahui bahwa seseorang yang tidur dengan posisi menghadap ke satu sisi atau disebut juga posisi log dengan kedua lengan ditaruh di bawah, ia cenderung cukup tidur dan lebih sehat dari yang memilih posisi lain.



Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)