Sabtu, 27 Mar 2021 05:27 WIB

Wajib Dikontrol, 5 Asupan Ini Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

Ardela Nabila - detikHealth
tekanan darah rendah Tekanan darah tinggi (Foto: iStock)
Jakarta -

Seseorang yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, tentunya menyadari bahwa memilih jenis makanan memiliki pengaruh terhadap tekanan darahnya. Sebab, diet sehat merupakan cara paling efektif untuk mengontrol tekanan darah.

Sejumlah jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi meliputi biji-bijian utuh, sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Sementara itu, makanan tinggi gula dan sodium merupakan dua jenis yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Dikutip dari Durham Nephrology, berikut 5 jenis makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan sebaiknya tak dikonsumsi belebihan oleh orang yang hipertensi.

1. Garam

Seperti diketahui, garam merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh orang hipertensi. Meski garam dipakai hampir di semua jenis makanan, seseorang yang hipertensi harus terus mengingat untuk membatasi atau menghindari penggunaan garam. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba rempah-rempah untuk memberikan rasa pada makanan.

2. Saus

Sejumlah jenis saus, seperti saus tomat, kecap asin, salad dressing, dan saus barbekyu, ternyata mengandung banyak sodium. Jenis saus lainnya yang juga tinggi sodium adalah saus untuk pasta. Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari jenis saus tersebut, dan mencoba menggunakan jenis rempah yang berbeda untuk makanan.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuh dan garam, yakni dua hal yang harus dihindari bagi pengidap hipertensi. Untuk itu, kamu bisa mencoba cara memasak dengan dipanggang dan dibakar sebagai alternatif. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan air-fryer. Namun, tetap perlu diingat untuk menghindari sodium yang berlebihan.

4. Makanan cepat saji

Fast food atau makanan cepat saji memang dianggap sebagai makanan yang sering kali disebut untuk dihindari bagi seseorang yang ingin menjalani diet sehat. Sebab, makanan yang banyak disajikan di restoran ini biasanya merupakan makanan beku yang dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak tinggi lemak dan mengandung tinggi garam.

5. Kafein

Kafein yang terkandung pada kopi, teh, soda, dan minuman penambah energi ternyata juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Seseorang dengan tekanan darah tinggi harus membatasi asupan kafeinnya. Bagi para pecinta kopi, kamu bisa mencoba kopi rendah kafein. Sementara bagi para pecinta teh, kamu bisa mencoba berbagai jenis teh bebas kafein yang banyak dijual di pasaran.



Simak Video "Kendala Vaksinasi Lansia: Banyak yang Tidak Sadar Tensinya Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)