Selasa, 30 Mar 2021 21:09 WIB

Mudik Dilarang, Bepergian Kok Malah Dipermudah Pakai GeNose?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
PT KAI (Persero) melakukan uji coba penggunakan GeNose untuk mendeteksi COVID-19 di Stasiun Senen, Jakarta. Calon penumpang tampak antusias. Tes GeNose (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Per 1 April 2021, pelaku perjalanan bisa menggunakan hasil tes negatif GeNose sebagai syarat bepergian ke luar kota menggunakan pesawat. Hal ini memicu kekhawatiran mobilitas masyarakat semakin luas lantaran tes GeNose relatif lebih mudah diakses dibandingkan tes Corona lainnya.

Salah satunya terkait dengan harga tes GeNose yang relatif lebih murah. Sejumlah stasiun kereta api (KA) yang membuka layanan tes GeNose menetapkan harga 30 ribu rupiah.

Aturan bepergian terbaru yang tertuang dalam Surat Edaran Satgas Nomor 12 Tahun 2021 mencantumkan tes GeNose sebagai salah satu opsi syarat perjalanan di moda transportasi darat hingga pesawat. Apa alasan tes GeNose lantas dijadikan opsi syarat perjalanan?

"Keputusan ini disepakati oleh Kementerian lembaga terkait dalam rangka mendukung terciptanya masyarakat produktif dan aman COVID-19," beber juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito di konferensi pers daring melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden Selasa (30/3/2021).

Melihat adanya kemudahan akses tes GeNose, Wiku mengaku tengah mengkaji kebijakan tersebut berkaitan dengan larangan mudik. Pelarangan mudik Lebaran tahun ini ditegaskan pemerintah sudah mengatur pelaksanaan teknis di lapangan agar efektif.

"Mengingat adanya konsekuensi dari kemudahan akses perjalanan menggunakan GeNose dan larangan mudik, kebijakan teknis pelarangan mudik akan dipertimbangkan dengan hal ini, untuk menghindari lonjakan kasus saat periode Lebaran," kata Prof Wiku.

"Namun, pada prinsipnya setiap kebijakan disusun dengan berbagai pertimbangan termasuk pelaksanaan teknis di lapangan maupun pakar di bidangnya," pungkasnya.



Simak Video "Polda DIY Jajal Alat Tes Corona GeNose Buatan UGM"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)