Rabu, 31 Mar 2021 15:00 WIB

5 Makanan dan Minuman yang Tak Disarankan untuk Pengidap Bipolar

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi kopi dan minum kopi Foto: thinkstock

3. Konsumsi tinggi gula

Pola makan tinggi gula dapat menyebabkan seseorang susah mengontrol berat badan dan obesitas. Menurut studi yang diterbitkan pada Juni 2015 di jurnal Acta Psychiatrica Scandinavica, lemak pada perut juga dapat menyebabkan pengobatan menjadi kurang efektif. Jadi, jika seseorang yang bipolar menginginkan makanan manis, disarankan untuk makan buah.

4. Asupan garam

Pengidap bipolar yang mengonsumsi obat lithium disarankan untuk menjaga asupan garamnya, sebab adanya peningkatan atau penurunan asupan natrium secara mendadak dapat mempengaruhi kadar lithium. Menurut NAMI, seseorang yang mengonsumsi lithium harus menghindari diet rendah natrium dan dehidrasi. Karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko keracunan lithium.

5. Membatasi konsumsi makanan lemak jenuh

Fiedorowicz menyarankan untuk mengikuti rekomendasi jantung sehat dari American Heart Association untuk membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans pada pola makan. Artinya, kamu bisa menggantinya dengan protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan mengonsumsi lebih banyak buah, sayur, dan biji-bijian.

Selain itu, makanan berlemak juga dapat mempengaruhi cara tubuh menerima obat. Meski pengobatan tetap akan efektif, mengonsumsi makanan berlemak tidak baik bagi kesehatan jantung. Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan tersebut juga mengandung tinggi asam lemak omega-6 yang harus dihindari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "IDAI Desak Vaksinasi Covid-19 Anak di Bawah 12 Tahun Disegerakan!"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/naf)