ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Apr 2021 17:32 WIB

Cerita Para Pemakai Rumput Fatimah: Diminum Bisa, Diusap Saja Juga Manjur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rumput fatimah banyak dipakai oleh ibu hamil, dipercaya melancarkan persalinan. Para dokter tidak menganjurkan rumput fatimah dikonsumsi ibu hamil (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)

Meski begitu, banyak yang meyakini rumput fatimah memang tidak untuk digunakan dengan cara diminum. Bagi sebagian orang, tumbuhan ini hanya digunakan secara simbolik, sebagai penanda bahwa calon bayi di dalam kandungan akan segera lahir, berdasarkan kepercayaan turun temurun.

"Ini obat zaman dulu, orang dulu itu rumput fatimah nggak diminum, tapi dilihat kalau mekar itu sudah dekat mau melahirkan," ujar Syafiq, penjual oleh-oleh haji, di Empang, Bogor.

"Cuma sekarang-sekarang banyaknya yang diminum malah lebih bagus," lanjutnya.

Zat aktif yang terkandung di dalam rumput fatimah memang dapat memicu kontraksi. Namun, dokter mengatakan dosisnya tidak jelas sehingga dapat membahayakan janin dan sang ibu apabila air rendaman tumbuhan ini diminum secara sembarangan.

"Masalah yang utama adalah kita nggak tahu dosisnya," ucap dokter kandungan di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan, dr Ari Waluyo, SpOG, Rabu (31/3/2021).

"Jadi sangat tidak bisa pasti, makanya efek sampingnya ada yang misalnya ternyata zat aktifnya banyak. Jadi satu gram si rumput fatimah tadi bisa mengandung zat aktif yang sangat pekat konsentrasinya, itu efek yang ditimbulkan juga lebih besar," tuturnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "China Kirim Jutaan Obat Herbal dan Kapsul Flu ke Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT