Jumat, 02 Apr 2021 06:30 WIB

Round Up

5 Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Saat Diterjang 'Timah Panas'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Suasana gedung Mabes Polri pascapenyerangan terduga teroris di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Mabes Polri memperketat penjagaan pascaserangan dari terduga teroris yang tewas di tempat usai baku tembak. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj. Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Penyerang Mabes Polri, Zakiah Aini, dilumpuhkan oleh polisi setelah sempat melepaskan tembakan sebanyak enam kali ke arah petugas. Atas hal itu, ia kemudian dilumpuhkan dengan tembakan di jantung.

"Hasilnya nanti kami sampaikan ke penyidik tapi meninggal karena tembakan ya. Yang mematikan di jantung," ujar Wakarumkit RS Polri Kombes Umar Shahab di RS Polri, Jakarta Timur, Kamis (1/4/2021).

Ada banyak reaksi yang timbul pada tubuh saat terkena terjangan peluru. Berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber.

1. Peluru akan menembus daging

Meski berukuran kecil, peluru bisa menembus tubuh manusia dan menyebabkan kerusakan fatal para organ vital. Peluru 9mm, yang biasanya ditembakkan dari pistol yang digunakan untuk pertahanan diri oleh polisi, bergerak dengan kecepatan 900 mph.

Dengan kecepatan itu, peluru akan membuat rongga yang cukup besar untuk menghancurkan sel-sel di sekitar area tembakan. Belum lagi ketika peluru bergerak dengan pola tertentu, maka kerusakan bisa semakin parah.

2. Satu tembakan bisa mematikan

Connor Narciso, mantan petugas medis tempur dan Tentara Hijau Baret yang bertugas di Afghanistan mengatakan satu tembakan di lengan atau kaki bisa membunuh seseorang. Apabila peluru mengenai arteri brakialis di lengan, arteri inguinal bilateral, atau arteri subklavia di bawah klavikula, akan terjadi pendarahan yang sangat hebat.

3. Kehilangan banyak darah

Meski jaringan otot memiliki mekanisme pertahanan untuk menghentikan pendarahan saat terkena tembakan, biasanya itu tidak cukup saat mengalami kehilangan darah internal yang disebabkan oleh proyektil yang menembus tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]