Sabtu, 03 Apr 2021 09:03 WIB

ROUND-UP

Mengenal Rumput Fatimah yang Viral Dikaitkan dengan Janin Meninggal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rumput fatimah banyak dipakai oleh ibu hamil, dipercaya melancarkan persalinan. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth
Jakarta -

Belakangan viral di media sosial kisah wanita yang diklaim keguguran akibat mengonsumsi rumput fatimah. Dikutip dari drugs.com, herba ini sering dipakai ibu hamil karena disebut-sebut memperkuat otot abdominal dan dinding serta jaringan vagina.

Apa kata dokter kandungan?

dr Ari Waluyo SpOG dari Mayapada Hospital menjelaskan rumput fatimah memiliki kandungan zat uteronika. Zat ini bisa memicu kontraksi hebat dalam rahim, sehingga menurutnya berbahaya untuk keselamatan janin dan ibu.

"Uterotonika itu adalah suatu zat yang bisa membuat rahim berkontraksi hebat. Ada yang sifat kontraksinya seperti hilang-timbul, tapi ada juga kontraksi terus menerus," jelas dr Ari kepada detikcom Rabu (31/3/2021).

Bahayanya, jika kontraksi terus menerus terjadi, bayi di dalam rahim sang ibu bisa kekurangan oksigen. Hal ini juga dijelaskan dokter kandungan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Boy Abidin saat dihubungi terpisah.

"Artinya, oksigen ke janin akan terganggu, jadi kekurangan oksigen dan ujungnya bisa menyebabkan kematian pada bayi," beber dr Boy.

Lalu apa khasiatnya rumput fatimah?

Beberapa orang meyakini rumput fatimah bisa membantu proses persalinan. Seperti yang diceritakan penjual rumput fatimah di kawasan Empang, Bogor, 'Kampung Arab'. Fajar bercerita, istrinya rutin mengonsumsi air rebusan rumput fatimah saat hamil anak kedua.

"Pembukaannya lama yang anak kedua tuh, dari pembukaan 1, 2, 3 sampai berikutnya tuh lama. Jadi buat mancing gitu, tapi alhamdulillah aman dan sehat," cerita Fajar sembari menjelaskan sang istri meminum 600 mililiter air rebusan rumput fatimah.
Sementara Aisyah, penjual obat herbal lainnya menyebut sebaiknya air rendaman rumput fatimah tak diminum karena berbahaya. Ia menyarankan rumput fatimah diusap-usap ke perut ibu hamil sambil membaca doa.

"Dulu pernah pakai tapi nggak diminum, diusap doang sambil berdoa supaya dilancarin. Kata bidannya nggak bagus buat diminum ya buat janinnya," tuturnya.

Memang berapa sih harga rumput fatimah dan apa saja jenis-jenisnya? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]