Selasa, 06 Apr 2021 06:00 WIB

4 Efek Samping Minum Kopi yang Wajib Kamu Tahu

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Efek samping minum kopi bagi yang sensitif (Foto: iStock)
Jakarta -

Mengawali pagi dengan minum kopi memang menyegarkan. Tetapi bagi yang sensitif terhadap kafein, ada beberapa efek samping yang harus diwaspadai saat minum kopi.

Seperti dialami seorang gadis yang mengaku hampir 'meninggal' setelah minum susu, kisahnya viral di media sosial. Gadis ini bernama Vina, ia mengalami gejala tremor dan sesak napas usai meminum segelas kopi susu.

"Sempat muntah dua kali dan sampai tremor. Awalnya muntah, tremor, mati rasa, sesak napas, lalu muntah lagi," kata Vina dalam video di TikTok, dikutip detikcom atas izin pengguna, Senin (5/4/2021).

Tentu saja tidak semua orang mengalami keluhan seperti Vina setelah minum kopi. Dikutip dari Healthline, kandungan kafein pada kopi memang bisa menimbulkan efek yang berbeda-beda pada setiap orang.

"Penelitian menunjukkan bahwa gen dapat berpengaruh pada toleransi tubuh Anda terhadap kafein. Beberapa orang dapat mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang lain tanpa mengalami efek negatif," tulis Healthline.

Oleh karena itu, berikut 4 efek samping yang bisa terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein, seperti pada kopi.

1. Masalah pencernaan

Sebagian orang mungkin mengeluhkan rasa mulas, seperti ingin buang air besar, ketika meminum kopi. Ini terjadi karena tubuh melepaskan gastrin, hormon yang diproduksi oleh perut untuk mempercepat aktivitas di usus besar.

Mengingat adanya efek ini, maka tidak heran jika kamu tiba-tiba ingin buang air besar setelah meminum kopi. Dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan diare.

2. Kerusakan otot

Kerusakan otot atau rhabdomyolysis adalah suatu kondisi rusaknya serat-serat otot dan keluarnya isi serat tersebut ke dalam aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Umumnya rhabdomyolysis disebabkan oleh penyalahgunaan obat, infeksi, dan trauma. Namun, terdapat beberapa laporan yang menyebutkan asupan kafein secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan otot.

Dalam satu kasus, seorang wanita mengalami mual, muntah, dan urine berubah menjadi gelap setelah minum 1 liter kopi, yang mengandung 565 miligram kafein. Untungnya, wanita tersebut berhasil sembuh setelah mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Tekanan darah tinggi

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah pada seseorang. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung dan stroke.

Meski efek kafein pada tekanan darah hanya bersifat sementara, namun ini bisa menjadi berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh orang yang sudah memiliki darah tinggi dan tidak terbiasa dengan kopi.

4. Kelelahan

Kandungan kafein pada kopi memang dikenal dapat meningkatkan energi. Namun, ternyata mereka juga bisa menyebabkan rasa lelah. Mengapa begitu?

Sebuah studi menemukan bahwa meskipun kafein dapat meningkatkan energi selama beberapa jam, namun kerap kali orang yang sudah meminum kopi akan merasa kelelahan pada keesokan harinya.

Meski efek kelelahan akibat kafein dapat diatasi dengan meminum kopi setiap harinya, namun di sisi lain hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)