Selasa, 06 Apr 2021 20:11 WIB

Catat! 5 Cara Tidur Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi Wanita Tidur Sendiri Foto: iStock

3. Tidur cukup dapat membantu dalam memilih makanan yang sehat

Kemudian kurang tidur juga disebut dapat mengubah cara kerja otak. Orang yang kurang tidur cenderung akan lebih memilih makanan yang kurang sehat.

Hal ini karena kurang tidur dapat mengurangi aktivitas lobus frontal otak yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dan pengendalian diri.

Contohnya, sebuah studi telah membuktikan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan afinitas atau ketertarikan seseorang terhadap makanan yang tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak.

Ketika partisipannya hanya diizinkan tidur empat jam, asupan kalori mereka meningkat sebanyak 22 persen dan asupan lemaknya juga naik hingga dua kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang diizinkan tidur delapan jam.

4. Tidur cukup dapat meningkatkan aktivitas fisik

Lagi-lagi kurang tidur memberikan efek negatif pada tubuh. Disebutkan, kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan di siang hari, sehingga membuatmu menjadi kurang bersemangat untuk beraktivitas.

Selain itu, kurang tidur juga membuatmu menjadi lebih cepat lelah saat mulai beraktivitas.

Sebuah studi yang dilakukan pada 15 pria menunjukkan bahwa ketika partisipan kurang tidur, intensitas aktivitas fisik mereka menurun. Maka dari itu, cukupi kebutuhan tidurmu agar tidak mudah lelah saat beraktivitas.

5. Tidur cukup membantu mencegah resistensi insulin

Terakhir, kualitas tidur yang buruk juga berisiko menyebabkan sel menjadi resisten terhadap insulin. Insulin merupakan hormon yang memindahkan gula dari aliran darah ke sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Ketika sel menjadi resisten terhadap insulin, maka akan lebih banyak gula yang tertinggal di aliran darah dan tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk mengimbanginya.

Sementara insulin yang berlebih dapat membuatmu menjadi lebih lapar.

Dalam sebuah penelitian, 11 pria hanya diizinkan tidur empat jam selama enam malam. Kemudian, kemampuan tubuh mereka untuk menurunkan kadar gula darah menurun hingga 40 persen.

Hal ini membuktikan bahwa kurang tidur selama beberapa malam dapat menyebabkan sel menjadi resisten terhadap insulin.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/naf)