Jumat, 09 Apr 2021 15:00 WIB

Viral di TikTok, Pembalut Sebaiknya Dicuci Dulu atau Langsung Dibuang Sih?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pembalut dicuci dulu Vs langsung dibuang Pembalut bekas pakai sebaiknya dicuci terlebih dahulu atau langsung dibuang? (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Kebiasaan antara mencuci pembalut sebelum dibuang dan tidak menjadi perdebatan di media sosial. Pasalnya, tak sedikit wanita yang lebih memilih untuk langsung membuang pembalut dengan alasan kebersihan lingkungan.

"Ada beberapa orang yang lebih nyaman untuk mencuci lebih dulu pembalutnya sebelum dibuang. Ada juga yang langsung membungkusnya dengan plastik lalu dibuang," ucap akun @fuserep, yang videonya viral di media sosial TikTok dan telah ditonton lebih dari 2,3 juta orang.

Beredarnya kepercayaan masyarakat tentang pembalut harus dicuci terlebih dahulu sebelum dibuang agar tidak membawa sial pun berdampak pada perdebatan ini. Padahal, tak ada aturan wajib yang mengharuskan pembalut bekas pakai untuk dicuci.

"Banyak banget kepercayaan yang diajarin beberapa orang tua di mana kalau kita nggak nyuci pembalut setelah digunakan pasti akan dihubungkan dengan hal-hal mistis," ujar @fuserep, dikutip detikcom atas izin pengguna, Jumat (9/4/2021).

Video yang dibagikan oleh @fuserep ini pun menjadi viral di media sosial dan menuai perdebatan di kalangan netizen.

@fuserep

Pembalut kalian di cuci dulu atau langsung buang? #fyp #pembalut #belajaronline #JamTerbangTraveloka #foryou

♬ Panik ngga - Ragil

Tak sedikit netizen yang merasa penasaran apakah orang yang suka mencuci pembalut sebelum dibuang akan melakukan hal yang sama jika berada di tempat umum?

"Penasaran, kalau lagi di mall atau tempat umum gitu kalian cuci juga? Apa rela nggak ganti sampai rumah? Apa di bawa pulang?" ucap seorang netizen di TikTok A*mim**.

Sementara netizen lain berpendapat bahwa mencuci pembalut sebelum dibuang itu karena agar tidak jorok.

"Kalau nggak dicuci malahan geli nggak sih berceceran gitu? Pokoknya aku tim dicuci," ucap Nn*.

Nah ladies, kamu tim yang mana nih? Tim pembalut dicuci lebih dahulu atau langsung dibuang?



Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)