Sabtu, 10 Apr 2021 14:53 WIB

Malang Diguncang Gempa, Ini 5 Tips Hindari Risiko Cedera Saat Gempa

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi gempa bumi (iStock) Tips hindari risiko cedera saat terjadi gempa. (Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock))
Jakarta -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Malang, Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021), pukul 14.00 WIB, ini tidak berpotensi menimbulkan tsunasmi.

Sementara itu di media sosial banyak netizen ramai membicarakan kepanikan yang terjadi. Sebagian juga menggunggah video atau foto kerusakan yang terjadi.

Untuk meminimalisir risiko cedera saat gempa, seseorang perlu tahu dulu apa yang sering menyebabkannya. Dikutip dari situs resmi BMKG, penyebab celaka yang paling banyak saat gempa adalah akibat kejatuhan benda. Karena itu penting untuk menjauhi hal-hal yang berisiko terjatuh, seperti lemari, lampu, dan kaca.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips lengkap menghindari cedera saat gempa:

1. Menjauh dari kaca, pohon, atau benda yang rentan terjatuh saat gempa.

2. Jangan panik dan berlarian saat gempa. Tunggu gempa reda sebelum mulai bergerak mencari tempat aman. Sebagian besar cedera terjadi ketika orang-orang terjatuh hilang keseimbangan saat gempa.

3. Bila di dalam ruangan, cari perlindungan dengan bersembunyi di bawah meja atau kasur. Lindungi kepala dengan benda, seperti bantal, untuk mengurangi risiko cedera bila ada benda yang terjatuh.

4. Jika berada di luar ruangan, perhatikan tempat berpijak. Hindari apabila terjadi rekahan tanah.

5. Bila sedang mengemudi, perlahan kurangi kecepatan sambil mencari tempat terbuka untuk berhenti dan matikan mesin. Hindari parkir di bawah jembatan, spanduk, gapura, tiang listrik, pohon, atau benda-benda lain yang mungkin terjatuh.



Simak Video "Hati-hati Saat Ucap Pesan Duka, Jangan Sok Care"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)