Senin, 12 Apr 2021 11:02 WIB

Jangan Panik! Ini Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat pada Anak

Content Promotion - detikHealth
Beberoosie Foto: Beberoosie
Jakarta -

Menghadapi cuaca tak menentu yang terkadang panas dan tiba-tiba hujan bisa membuat para ibu was-was. Sebab, kondisi cuaca seperti ini tak jarang bisa membuat anak mengalami hidung tersumbat.

Saat tak enak badan, anak sering kali mengalami hidung tersumbat yang membuatnya rewel dan tak bersemangat. Hidung tersumbat terjadi saat pembuluh darah dan jaringan di rongga hidung terisi terlalu banyak cairan.

Pada bayi dan anak berusia di bawah 3 tahun, hidung tersumbat sering kali tak mudah diatasi sebab mereka belum dapat mengeluarkan lendir (mukus) dari hidungnya sendiri.

Tak semudah orang dewasa, bayi dan anak-anak juga tak lantas dengan mudah dapat meredakan flu dengan mengkonsumsi obat. Meski demikian, Anda tak perlu panik dan khawatir ketika harus menghadapi kondisi ini. Berikut beberapa cara sederhana dari Healthline yang dapat Anda lakukan ketika anak mengalami hidung tersumbat.

  1. Jaga Anak Tetap Terhidrasi
    Dehidrasi bisa menjadi masalah serius saat anak sedang pilek terlebih pada bayi di bawah 3 bulan, untuk itu Anda perlu memastikan kebutuhan cairan pada anak terpenuhi meski mereka tidak nafsu untuk makan/minum. Dengan memastikan anak meminum cairan, Anda juga akan membantu mengencerkan sekresi hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Jika anak menolak untuk minum air putih, Anda bisa coba menawarkan minuman lain yang tetap sehat seperti smoothie atau jus untuk anak yang lebih tua. Selain menyehatkan, minuman ini dapat bantu meredakan sakit tenggorokan dan membuat anak Anda tetap terhidrasi.
    Untuk anak yang lebih menyukai sesuatu yang hangat, sup ayam adalah pilihan lain. Cairan hangat dari sup ini bisa bantu menenangkan saat hidung mereka tersumbat.
  2. Bersihkan Saluran Hidung
    Salah satu cara ampuh yang dapat digunakan untuk meredakan hidung tersumbat adalah penggunaan obat sempot hidung, akan tetapi cara ini tidak disarankan penggunaannya untuk anak kecil. Oleh karena itu, orang tua dapat mengakali cara lain untuk menghilangkan hidung tersumbat meski tanpa obat salah satunya dengan menggunakan humidifier di kamar anak. Penggunaan humidifier yang memberikan uap pada anak dapat membantu memecah lendir dan meredakan hidung tersumbat. Dengan cara ini, Anda pun dapat membantu anak lebih rileks dan beristirahat dengan lebih nyaman.
  3. Istirahat Ekstra
    Memperbanyak waktu istirahat dapat membantu pemulihan pada penyakit. Untuk itu, Anda dapat mendorong si kecil untuk istirahat sebanyak mungkin agar bisa sembuh. Agar anak dapat beristirahat dengan nyaman, Anda bisa tempatkan mereka di tempat yang nyaman seperti tempat tidurnya, sofa, atau bahkan tempat yang nyaman dengan banyak bantal di lantai. Sebelum tidur, Anda juga bisa mengajak anak mandi air hangat untuk dapat membantu mereka menenangkan dan membuat tubuh mereka lebih rileks.
  4. Atur Posisi Tidur
    Berbaring telentang saat tidur dapat memperparah hidung tersumbat pada anak dan mengganggu tidur mereka. Untuk itu Anda bisa bantu mengatur posisi tidur agar si kecil dapat beristirahat dengan lebih nyaman. Caranya mudah, coba letakkan gulungan handuk atau ekstra bantal pada tempat tidur anak. Posisi sedikit tegak ini bisa jadi lebih nyaman daripada berbaring telentang di permukaan, terutama jika hidung anak sedang tersumbat parah.

Selain cara di atas, Anda juga bisa bantu meredakan hidung tersumbat pada anak dengan penggunaan minyak kayu putih. Adapun salah satu produk yang bisa Anda andalkan adalah Minyak Kayu Putih Beberoosie dari Jamu Jago.

BeberoosieBeberoosie Foto: Beberoosie

Diketahui, Beberoosie yang terbuat dari herbal natural memiliki berbagai khasiat antara lain memberikan kehangatan, melegakan hidung tersumbat, dan bantu meredakan gejala masuk angin pada si kecil. Beberoosie memiliki kandungan minyak zaitun yang juga dapat melembapkan kulit si kecil.

Anda dapat dengan mudah membalurkan minyak kayu putih pada tubuh si kecil untuk membuatnya merasakan kehangatan dari Beberoosie dan meredakan hidung tersumbat.

Produk minyak kayu putih dari Beberoosie bisa Anda dapatkan di baby shop terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan produk ini melalui e-commerce di Official Store Beberoosie yang tersedia di Tokopedia dan Shopee.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Beberoosie Anda bisa cek melalui Instagram @bebe_roosie atau melalui situs Beberoosie di sini.

(ads/ads)