Selasa, 13 Apr 2021 11:24 WIB

Vaksinasi Saat Puasa, Apakah Ada Dampaknya untuk Kesehatan Tubuh?

Firdaus Anwar - detikHealth
Lansia vaksin Foto ilustrasi: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 tetap berjalan di bulan Ramadhan. Hal ini kemudian mungkin memunculkan pertanyaan apakah vaksinasi saat puasa aman dilakukan?

Ahli penyakit infeksi Dr dr Rachmat Latief, SpPD, KPTI, dari Primaya Hospital Makassar menjelaskan bahwa pada dasarnya tidak ada dampak atau efek tertentu dari vaksinasi saat puasa. Proses pembentukan antibodi yang terjadi di dalam tubuh berlangsung sama, baik sebelum maupun saat berpuasa.

"Malah tubuh kita akan diberi kesempatan untuk melakukan restorasi bagian tubuh yang mengalami kerusakan. Vaksinasi COVID-19 akan membantu membentuk kekebalan tubuh walaupun dilakukan ketika puasa dan puasa bukan penghalang untuk melakukan vaksinasi COVID-19," kata dr Rachmat dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Selasa (13/4/2021).

dr Rachmat mengatakan imunitas tubuh justru bisa lebih dijaga dengan baik saat puasa. Ini karena biasanya orang-orang akan berusaha untuk mengendalikan pola jam makan dan asupannya.

Sementara rasa lemas saat berpuasa karena penurunan kadar glukosa dalam darah tidak menjadi kontraindikasi pemberian vaksin COVID-19.

"Kondisi badan lemas ketika berpuasa biasanya disebabkan oleh penurunan kadar glukosa saat pagi hingga siang hari, di mana setelah itu tubuh akan berproses untuk mencukupkan kadar glukosa dalam darah dengan mengambil glukosa cadangan dalam tubuh. Hal ini sama sekali tidak berdampak pada pasca penyuntikan vaksin COVID-19," papar dr Rachmat.

Bila memang usai vaksinasi saat puasa terasa lemas, sebaiknya langsung beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat. Disarankan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang ketika sahur dan berbuka puasa.



Simak Video "Kemenkes: Vaksinasi Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)