Selasa, 13 Apr 2021 13:41 WIB

Kemenristek Dilebur Jokowi, Riset Vaksin Merah Putih Dipastikan Tetap Lanjut!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Kemenristek dilebur Jokowi, riset vaksin COVID-19 Merah Putih dipastikan lanjut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) kini resmi turun tangan dalam penggarapan vaksin Merah Putih. Mengingat, vaksin COVID-19 ini adalah kali pertama Indonesia membuat vaksin secara mandiri.

Menristek RI dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro, pengerjaan vaksin Merah Putih ini memang butuh waktu panjang. Pasalnya, ini adalah pertama kali Indonesia membuat vaksin, yang pula diperuntukkan masyarakat dalam jumlah amat banyak.

"Membuat vaksin Merah Putih memang harus diakui, kita belum punya pengalaman. Membuat vaksin dari nol sampai akhirnya dikembangkan dalam manufaktur, sampai siap untuk vaksinasi, kita belum punya pengalaman tersebut," ujarnyadalam konferensi pers, Selasa (13/4/2021).

Namun menurutnya, pengerjaan vaksin ini memerlukan dukungan besar lantaran penemuan inovasi alat kesehatan berperan besar dalam penanganan pandemi COVID-19.

Kapan diproduksi?

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyebut, prediksi paling dekat, vaksin Merah Putih garapan Universitas Airlangga (Unair) bisa masuk uji klinik sekaligus diproduksi mulai Oktober atau November 2021

"Yang sudah lebih lanjut, adalah dari Unair dengan platform inactivated virus. Itu sudah memulai uji preklinik pada hewan per tanggal 9 kemarin," ujar Penny saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Lainnya, vaksin Merah Putih garapan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) berbasis protein rekombinan, kini masih menjelang tahap pre uji klinik pada hewan. Diprediksi, baru akan mulai diproduksi pada Oktober 2022.

"Itu teknologinya bio engineering, jadi lebih baru. Jadi harapannya (produksi pada) kuarter ke-3, sekitar Oktober 2022," pungkas Penny.

Vaksin Merah Putih ini turut digarap oleh Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).



Simak Video "2 Progres Vaksin Merah Putih Tercepat: Buatan Eijkman dan UNAIR"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)