Rabu, 14 Apr 2021 12:00 WIB

Viral Kisah Suami Idap Gonore, Minta Dirahasiakan Takut Ketahuan Selingkuh

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral dokter menceritakan kondisi pasien saat mengidap gonore. Foto: Tangkapan layar viral TikTok
Jakarta -

Viral curhatan dokter asal Palembang soal pasiennya yang mengidap infeksi menular seksual (IMS) dengan keluhan awal kencing bernanah. Sang suami disarankan untuk ikut membawa istri menjalani pengobatan karena dicurigai sudah tertular.

Namun, rupanya pasien tersebut meminta penyakitnya dirahasiakan dokter dan tak ingin sang istri tahu. Padahal, dokter spesialis kelamin dan kelamin dr Indah Permata tersebut mengungkap risikonya sangat besar jika istri dari pasiennya tak segera mendapat penanganan.

"Pasien pria datang berobat dengan keluhan kencing bernan*ah. Setelah dianamnesis, kemungkinan istri sahnya tertular. Saya sarankan untuk membawa istrinya berobat, supaya bisa diatasi," beber @drindahpermata0402 melalui video di akun TikTok pribadinya.

"Pasien wanti-wanti ke saya jangan sampai istrinya tahu kalau dia berselingkuh dan menularkan penyakitnya," lanjutnya.

Saat dikonfirmasi detikHealth, dr Indah mengaku cukup sering menemui kasus semacam ini. Salah satu IMS yang kerap ditemui adalah kondisi yang menyerang pria tersebut, yaitu uretritis gonore.

Menurutnya, kondisi ini memicu peradangan saluran kencing yang disebabkan kuman Neisseria gonorrhoeae. Gejala yang muncul pada pria akibat penyakit IMS gonore cukup beragam.

"Mulai dari nyeri BAK, rasa tidak nyaman saat BAK, hingga keluar cairan dari uretra berupa cairan putih atau kuning yang kental seperti nanah," jelas dr Indah kepada detikHealth Rabu (14/4/2021).

@indahpermata0402

setialah pada pasangan anda #yukbisayuk #ims #dokter #infeksisalurankemih #fyp #foryoupage

♬ tulus_andai aku bisa - sargeb

dr Indah ingin banyak orang yang mulai aware soal bahaya infeksi menular seksual. Bagi pasutri yang masih melakukan hubungan seksual secara aktif, ia menyarankan untuk rutin melakukan screening pemeriksaan IMS.

"Postingan ini aku buat untuk meningkatkan kewaspadaan kita akan bahaya IMS, yang bisa kita lakukan adalah melakukan screening pemeriksaan IMS untuk wanita atau pria yang seksual aktif," tutupnya.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)