Rabu, 14 Apr 2021 14:34 WIB

Mengenal Gonore, Viral Dialami Seorang Suami yang Takut Ketahuan Selingkuh

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral dokter menceritakan kondisi pasien saat mengidap gonore. Viral curhatan seorang dokter tentang pasiennya yang mengidap gonore. (Foto: Tangkapan layar viral TikTok)
Jakarta -

Curhatan seorang dokter tentang pasiennya yang mengidap gonore atau kencing nanah viral di media sosial. Pasalnya, sang pasien meminta penyakitnya dirahasiakan oleh dokter dan tak ingin istrinya tahu.

"Pasien pria datang berobat dengan keluhan kencing bernan*ah. Setelah dianamnesis, kemungkinan istri sahnya tertular. Saya sarankan untuk membawa istrinya berobat, supaya bisa diatasi," ucap dr Indah Permata, dokter spesialis kulit dan kelamin, lewat video di akun TikTok pribadinya, @drindahpermata0402.

"Pasien wanti-wanti ke saya jangan sampai istrinya tahu kalau dia berselingkuh dan menularkan penyakitnya," lanjutnya.

Apa sih Gonore itu?

Dikutip dari Mayo Clinic, gonore merupakan salah satu penyakit infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini kerap terjadi pada orang yang suka melakukan hubungan seks lebih dari satu orang.

Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Sama seperti penyakit IMS lainnya, gonore juga bisa ditularkan lewat seks oral dan seks anal.

Apa saja gejala gonore?

Gonore dapat terjadi pada pria dan wanita, namun gejala di antara keduanya cukup berbeda. Di antaranya sebagai berikut:

Gejala gonore pada pria:

  • Perih saat buang air kecil
  • Keluar nanah dari lubang penis
  • Nyeri atau bengkak di salah satu testis.

Gejala gonore pada wanita:

  • Keputihan yang keluar lebih banyak dari biasanya
  • Perih saat buang air kecil
  • Keluar bercak darah, padahal tidak sedang menstruasi
  • Nyeri perut atau panggul.

Penyakit gonore bisa disembuhkan apabila segera ditangani. Oleh karena itu, apabila kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Perlu diingat bahwa tidak hanya penderita saja yang perlu diobati, tetapi pasangan seksual juga perlu diobati. Pasalnya, jika terus dibiarkan, gonore bisa menimbulkan komplikasi.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)