Kamis, 15 Apr 2021 19:43 WIB

Viral Klaim Sulit Ereksi karena Vaksin Sinovac, Komnas KIPI: Lapor Petugas

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral efek samping vaksin COVID-19 Sinovac bikin pria kesulitan ereksi. Foto: Tangkapan layar Instagram
Jakarta -

Di media sosial viral tangkapan layar komentar dari para netizen yang mengeluh hadapi masalah ereksi karena efek samping vaksin Sinovac. Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Profesor Dr dr Hingky Hindra Irawan Satari menegaskan hingga hari ini belum ditemukan laporan efek samping tersebut.

Menurut Prof Hingky, masalah ereksi atau disfungsi erekti juga sama sekali tidak pernah dilaporkan sebagai efek samping vaksin Sinovac dalan berbagai jurnal penelitian.

"Tidak ada laporan gangguan ereksi yang masuk ke komnas KIPI sampai dengan hari ini. Kayanya belum ada juga publikasi di jurnal ilmiah terpandang sampai hari ini," kata Prof Hingky pada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Warga diimbau agar sebaiknya langsung melapor ke petugas atau menghubungi nomor kontak yang diberikan pada kartu vaksinasi bila memang merasa mengalami efek samping. Tujuannya agar bisa segera dilakukan investigasi dan individu terkait bisa mendapat perawatan yang dibutuhkan.

"Kalau laporan melalui sosial media, tidak akan ada tindak lanjut. Malahan meresahkan masyarakat, karena ditanggapi oleh orang yang tidak kompeten juga," ujar Prof Hingky.

"Apabila lapor melalui jalur yang telah disiapkan, maka akan diinvestigasi dan dianalisis oleh yang kompeten. Sehingga bila ada yang membahayakan masyarakat akan disampaikan tentunya secara resmi," pungkasnya.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)