Jumat, 16 Apr 2021 11:22 WIB

Dukung Kampanye Prokes, TP-PKK Pusat Terima Bantuan 1 Juta Masker

Erika Dyah - detikHealth
TP PKK Pusat Terima 1 Juta Masker Foto: Kemendagri
Jakarta -

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Tri Tito Karnavian menerima bantuan 1 juta lembar masker dari Capajet Limited melalui Yayasan HOPE Indonesia. Adapun pemberian bantuan ini disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Pada pertemuan yang berlangsung Kamis (15/4) di Lobi Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Tri mengungkapkan bantuan ini berguna bagi TP-PKK dan masyarakat dalam mengampanyekan pemutusan rantai penyebaran COVID-19.

Ia menyebutkan saat ini TP-PKK masih terus mengampanyekan penerapan protokol kesehatan. Tak hanya melaksanakan vaksinasi COVID-19, Tri menilai pentingnya pemakaian masker untuk tetap dilanjutkan karena hal ini menjadi salah satu upaya untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Tri berharap kerja sama ini tak hanya berupa pemberian masker, tetapi juga ada kegiatan lain yang bisa dikerjasamakan. Pasalnya, lanjut Tri, Yayasan HOPE tak hanya di Indonesia tetapi juga mencakup internasional dan telah banyak melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat.

"Kami sangat berbahagia apabila kelak bisa bekerja sama untuk sama-sama mewujudkan negara kita menjadi negara yang sejahtera," ujar Tri dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Perwakilan Yayasan HOPE Indonesia Lucas Sanjaya mengaku senang bisa menyumbangkan masker kepada TP-PKK untuk dibagikan ke masyarakat. Ia menyebutkan total masker yang diberikan berjumlah 3,5 juta lembar.

"(Hari ini) menyumbangkan 1 juta masker, yang sebenarnya nanti akan secara total itu kami 3,5 juta masker yang akan diberikan," kata Lucas.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan hal luar biasa sebab di masa pandemi ini pihaknya dapat bersama-sama berperang melawan pandemi. Ia mengatakan tujuan dari kegiatan ini tak lain adalah untuk dapat melewati masa pandemi ini dengan baik.

"Dan sekarang ini sudah lebih baik, mudah-mudahan ini (pandemi) secepatnya bisa berakhir," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan pemakaian masker merupakan senjata utama dalam menghadapi COVID-19. Oleh karena itu, ia menekankan agar penerapan protokol kesehatan berupa pemakaian masker terus digalakkan.

"Baik penggunaannya, maupun tata cara penggunaan yang benar," ucap Tito.

Tito berharap kehadiran sumbangan masker ini dapat dikabarkan oleh pihak media, agar masyarakat tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia pun menekankan keinginannya untuk membangkitkan kembali semangat memakai masker.

"Saya harapkan teman-teman media naikkan, men-trigger kembali tentang kita jangan lengah tentang protokol kesehatan," pungkas Tito.

Tito pun menyampaikan terima kasih pada Yayasan HOPE yang memberikan kepercayaan kepada TP-PKK.

Lebih lanjut, ia berharap Ketua Umum TP-PKK Pusat dapat mengatur pembagian masker dengan berkoordinasi bersama berbagai pihak.

"Terutama koordinasi dengan Dirjen (Bina) Pemdes, kemudian Bapak Sekjen (Kemendagri), untuk menentukan ke mana target sasarannya berdasarkan zonasi dan kerentanan daerah itu," jelasnya.



Simak Video "Kemendagri: Tanpa Ideologi Pancasila Negara Bisa Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/up)