Jumat, 16 Apr 2021 17:43 WIB

Uji Klinis Vaksin Nusantara Lanjut di RSPAD, BPOM Sudah Ogah Dikait-kaitkan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac dari China untuk fase ke 1-2 full report sudah didapatkan BPOM. Namun, masih ada data yang kurang untuk fase ketiga. Kepala BPOM Penny K Lukito (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menanggapi proses uji vaksin Nusantara yang dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto sejak Rabu (14/4/2021). Menurut Penny, kegiatan tersebut sudah tak ada kaitannya sama sekali dengan BPOM.

"Apa yang sekarang terjadi, itu di luar BPOM, bukan kapasitas BPOM soal itu," tegas Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers daring Jumat (16/4/2021).

Penny menegaskan peran BPOM dalam proses pengembangan vaksin COVID-19, fokus pada pendampingan uji klinis yang sesuai dengan standar internasional. Sementara, para peneliti vaksin Nusantara hingga saat ini belum memberikan koreksi apapun dari evaluasi di sejumlah catatan uji vaksin dendritik Fase I.

Menurutnya, jika tak kunjung ada koreksi dari para pihak peneliti, uji vaksin Nusantara akan terus kembali ke fase awal pengembangan vaksin Corona. Ditegaskan Penny, catatan atau evaluasi BPOM soal uji vaksin Fase I Nusantara sudah tak bisa diganggu gugat lagi.

"Sudah final penilaian kami dalam hal tersebut. Kami menunggu koreksi yang akan dilakukan," katanya.

"Vaksin dendritik atau kemudian yang disebut atau yang dikomersilkan dengan nama vaksin Nusantara itu sudah kami berikan koreksi di Fase I," tegas Penny sembari menekankan tak ingin berkomentar lebih lanjut soal vaksin Nusantara.

Penny mengimbau hal ini agar menjadi pelajaran sejumlah pihak yang akan mengembangkan vaksin COVID-19, untuk mengikuti aturan atau kaidah klinis demi keselamatan nyawa setiap penerima vaksin Corona.

Adapun sejumlah tokoh yang mengikuti uji relawan vaksin Nusantara di RSPAD sejauh ini meliputi eks Menkes Siti Fadhilah Supari, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Anggota DPR Fraksi PAN Saleh Daulay, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu, politikus senior Golkar Aburizal Bakrie.



Simak Video "Awal Mula Vaksin Nusantara Besutan Dr Terawan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)