Sabtu, 17 Apr 2021 16:09 WIB

Prediksi WHO Soal Pandemi COVID-19: Masih Jauh dari kata Usai

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus Corona jadi pandemi global usai menyebar di dunia. Selain tenaga medis, para pengurus jenazah COVID-19 juga berada di garis depan penanganan pandemi ini. WHO menyebut pandemi COVID-19 masih jauh dari kata usai. (Foto ilustrasi: AP Photo/Emilio Morenatti)
Jakarta -

Sudah lebih dari satu tahun pandemi COVID-19 melanda dunia. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pandemi Corona masih jauh dari kata usai meski bisa dikendalikan.

"Pandemi COVID-19 masih jauh dari selesai. Tapi kami punya banyak alasan untuk optimis. Penurunan kasus dan kematian selama dua bulan pertama tahun ini menunjukkan bahwa virus ini dan variannya bisa dihentikan," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari Reuters.

Saat ini tren peningkatan kasus infeksi Corona makin mendekati level tertinggi. Di seluruh dunia, kasus baru dan kematian terus meningkat pada level mengkhawatirkan.

Tedros juga menyebut secara global, jumlah kasus baru per minggu hampir dua kali lipat selama dua bulan terakhir. Angka ini mendekati tingkat infeksi tertinggi selama pandemi.

"Jika Anda melihat kurva epi (epidemi) dan lintasan pandemi saat ini, itu tumbuh secara eksponensial," ujar ketua tim COVID-19 WHO, Maria van Kerkhove.

Saat ini sejumlah rumah sakit di beberapa negara mulai penuh lagi. India bahkan mengalami gelombang kedua pandemi dan menjadi negara kedua terbanyak dengan kasus COVID-19 terbanyak setelah AS.



Simak Video "Ahli Gizi Ingatkan Jaga Pola Makan Seimbang Saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)