Selasa, 20 Apr 2021 17:00 WIB

Tips Makan Gorengan Biar Tetap 'Sehat' Saat Buka Puasa

Ayunda Septiani - detikHealth
top view muslim family enjoy the iftar meal dinner together in dining room Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Gorengan menjadi makanan yang sangat digemari warga Indonesia. Rasanya seperti tak afdol jika menu satu ini tak disajikan pada saat berbuka puasa.

Namun, di balik kegemaran orang mengonsumsi gorengan, mereka menyantapnya secara berlebihan dan terus menerus berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya, bisa menyebabkan kadar kolesterol naik.

Nah meski begitu, dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Diana F Suganda, SpGK, MKes, tidak melarang kamu untuk makan gorengan saat berbuka puasa. Namun ada beberapa catatan dari dr Diana seperti, intensitas gorengan yang dimakan saat buka harus dibatasi.

"Makan gorengan tidak setiap hari, misal frekuensinya dikurangi, dari yang tadinya setiap hari, jadi seminggu dua kali," ungkap dr Diana, beberapa waktu lalu.

"Makan gorengan cukup satu saja," lanjutnya.

dr Diana menjelaskan, untuk kamu yang makan gorengan harus diimbangi juga ya dengan makan makanan bergizi yang mengandung serat. Hal ini bertujuan untuk menghambat penyerapan lemak dalam tubuh yang banyak terkandung dalam gorengan.

"Makan gorengan dengan serat, misal sayur-sayuran. Karena serat menghambat penyerapan lemak," pungkas dr Diana.



Simak Video "Efek Samping Konsumsi Kopi dan Teh di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)