Rabu, 21 Apr 2021 08:38 WIB

Lebih dari 50 Penumpang Pesawat dari India Positif Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi penumpang pesawat Sekitar 50 penumpang pesawat dari New Delhi, India, positif COVID-19. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ViktorCap)
Jakarta -

Sebanyak 53 penumpang pesawat dalam sebuah penerbangan dari New Delhi ke Hong Kong dinyatakan positif terinfeksi virus Corona pada Selasa (20/4/2021). Mereka terbang menggunakan maskapai India Vistara pada 4 April lalu, sebelum Hong Kong menghentikan sementara penerbangan dari negara yang saat ini tengah dilanda tsunami Corona.

Dengan terdeteksinya puluhan kasus positif Corona ini, membuat otoritas Hong Kong memberlakukan larangan penerbangan dari India, Pakistan, dan Filipina selama dua minggu. Pemerintah Hong Kong juga mengkategorikan negara-negara tersebut sebagai 'negara yang berisiko sangat tinggi', setelah mendeteksi varian baru virus COVID-19 N501Y untuk pertama kalinya.

Dikutip dari Channel News Asia, para penumpang yang ada di maskapai tersebut baru diketahui positif COVID-19 saat menjalani masa karantina selama tiga minggu. Sebelumnya, baru 49 penumpang yang diketahui positif COVID-19 dalam penerbangan tersebut.

Selain penerbangan dari New Delhi, otoritas Hong Kong mengatakan beberapa kasus COVID-19 juga terdeteksi pada penerbangan dari Mumbai.

Otoritas Hong Kong juga memberlakukan persyaratan menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan untuk penumpang dari wilayah lainnya. Ada 25 wilayah yang dianggap Hong Kong sangat berisiko tinggi, di antaranya Afrika Selatan, Inggris, Pakistan, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.



Simak Video "Tsunami Corona di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)