Rabu, 21 Apr 2021 11:05 WIB

Waduh, Vaksinasi COVID-19 Kemungkinan Besar Libur Saat Idul Fitri

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan Lansia mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Gedung Transito, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Begini ekspresi mereka saat disuntik vaksin. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengungkap vaksinasi COVID-19 saat hari raya Idul Fitri 1442 H kemungkinan besar libur. Namun, belum diputuskan berapa lama program vaksinasi COVID-19 tidak berjalan di libur Lebaran.

"Vaksinasi COVID-19 libur di hari Raya Idul Fitri. Tapi belum final ya," jelas dr Nadia kepada detikcom lewat pesan singkat Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut, dr Nadia menyebut kemungkinan vaksinasi COVID-19 libur saat cuti bersama. Terhitung sejak 12 Mei hingga 14 Mei, tetapi ditegaskan keputusan ini belum pasti.

Sejauh ini, total 17 juta vaksin Corona sudah diberikan, baik dalam vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi dosis kedua.

"Orangnya itu ada 11.100.000 untuk dosis pertama dan dosis kedua 6,1 juta. Jadi sudah 17 juta dosis vaksin yang sudah kita suntikan," sebut dr Nadia.

Baru 6 persen dari target yang sudah divaksinasi COVID-19, herd immunity masih belum bisa dicapai. Selebihnya, dr Nadia kembali mengingatkan vaksinasi COVID-19 bukan berarti terhindar dari penularan Corona.

"Kita tahu bahwa vaksin kan memberikan perlindungan kepada individu untuk dia tidak menjadi sakit. Kalaupun sakit, tidak parah atau berakhir kematian. Itu perlindungan yang diberikan," lanjutnya.

Sementara untuk stok vaksin Corona di Indonesia, menurutnya, per April RI ditargetkan mendapat dua sumber vaksin Corona yaitu dari AstraZeneca dan Sinovac. Namun, imbas embargo, pengiriman vaksin AstraZeneca sementara ditunda hingga Mei.

"Jadi yang seharusnya vaksin dikirim April, itu baru bisa dikirimkan Mei. Jumlahnya tidak mencapai 11 juta juga, jadi akan dikirimkan kurang lebih sekitar 5 juta," kata dr Nadia.

"Pemerintah memastikan vaksinasi pada Mei, vaksinnya betul-betul datang. Kemudian, meminta Biofarma untuk meningkatkan kapasitas produksinya," pungkasnya.



Simak Video "KuTips: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Ini yang Harus Disiapkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)