Kamis, 22 Apr 2021 04:18 WIB

Kehabisan Oksigen, Puluhan Pasien COVID-19 di India Meninggal Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
India kembali dihantam gelombang COVID-19. Kini India harus menghadapi gelombang kedua yang ekstrem dengan jumlah kasus harian menembus angka 200 ribu. Foto ilustrasi: AP Photo
Jakarta -

India yang kewalahan menghadapi gelombang kedua COVID-19 saat ini juga mengalami krisis suplai oksigen medis. Dikabarkan setidaknya sudah ada 24 pasien COVID-19 di bagian barat India yang meninggal kareha ventilatornya kehabisan okgisen.

Menteri Kesehatan Negara Bagian Maharashtra, Rajesh Tope, bahwa suplai oksigen sudah habis di rumah sakit. Hal ini menurutnya terjadi karena ada kebocoran tangki.

"Kebocoran terdeteksi pada tangki yang menyuplai oksigen untuk pasien. Suplai yang terganggu bisa dikaitkan dengan kematian pasien di rumah sakit," kata Rajesh seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/4/2021).

Kenyataannya masalah krisis oksigen juga terjadi bahkan di rumah sakit besar di Ibu Kota Delhi dan kota-kota lainnya. Laporan dari media televisi setempat menunjukkan video orang-orang ramai mengantre untuk mengisi tabung oksigen demi keluarga atau kerabat yang sakit.

Kondisi ini dilaporkan begitu parah bahkan sampai memicu penjarahan tangki oksigen. Otoritas terpaksa meningkatkan pengamanan di tempat-tempat pengisian oksigen.

Berbagai ahli meyakini kondisi gelombang kedua Corona yang terjadi di India disebabkan oleh kelengahan terhadap protokol kesehatan dan kemunculan varian.



Simak Video "Sukarelawan Terjun Langsung Jemput Jenazah COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)