Kamis, 22 Apr 2021 18:43 WIB

Penting! Yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Setelah Vaksin

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia terus dilakukan meski di bulan puasa. Diketahui, 11 juta warga Indonesia telah menerima dosis pertama vaksin Corona. Foto: Agung Pambudhy

4. Setelah vaksin boleh buka masker?

Menurut ahli imunologi di Universitas Stanford Michal Tal, PhD, masker harus terus dipakai sampai semua orang sudah divaksinasi dan berhasil mengendalikan virus.

"Saya pikir kita harus terus memakai masker sampai semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan vaksinasi dan kita berhasil mengendalikan virus," ujar Michal Tal, PhD, ahli imunologi di Universitas Stanford.

"Ketika penularan komunitas rendah dan sebagian besar orang divaksinasi, saya pikir kita akan dapat dengan aman melepaskan masker kita," tambahnya.

Untuk itu, disarankan untuk tidak membuka masker karena risiko penularan virus masih bisa terjadi.

5. Setelah vaksin boleh mudik?

Dalam sebuah rapat dengan DPR RI, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sempat melontarkan wacana menjadikan sertifikat vaksin COVID-19 sebagai syarat bepergian. Artinya, seseorang yang sudah mendapat vaksin lengkap bisa menunjukkan sertifikat agar bisa leluasa bepergian.

Namun ide tersebut mendapat banyak kritikan, Menkes Budi pun sudah meralat ucapannya yang memang belum jadi keputusan.

Faktanya, pemerintah tetap memberlakukan larangan mudik pada lebaran tahun ini, tanpa membedakan status vaksinasi. Pemerintah menetapkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Selain itu, Satgas Penanganan COVID-19 juga telah memutuskan untuk mengetatkan syarat perjalanan mulai dari 22 April-24 Mei 2021. Aturan terbaru ini berlaku untuk membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik.

Kini, persyaratan perjalanan seperti swab PCR, rapid test antigen, dan tes GeNose hanya berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)