Kamis, 22 Apr 2021 20:00 WIB

Cerita Pilu Dokter Koas Autopsi Jenazah Bayi Viral, Ini Kisah di Baliknya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral kisah pengalaman dokter koas pertama kali melakukan autopsi jenazah. (Foto: Tangkapan layar TikTok)
Jakarta -

Kisah pengalaman dokter koas di Semarang saat melakukan autopsi jenazah viral di media sosial. Pasalnya, jenazah yang harus ia autopsi untuk pertama kali adalah seorang bayi yang baru lahir.

"Pertama kali waktu mau dilaksanakan autopsi kita berdoa terlebih dahulu untuk mendoakan jenazahnya. Saat dibuka pembungkusnya, jujur rasanya pengen nangis melihat bahwa jenazahnya adalah seorang bayi yang baru lahir," kata Nasia Gustina, dokter koas dalam video viral tersebut, kepada detikcom, Kamis (22/4/2021).

Nasia menceritakan bagaimana rasanya melakukan autopsi jenazah untuk yang pertama kalinya. Ia mengaku merasa takut, degdegan, dan pusing. Terlebih kala itu ia sedang berpuasa dan harus memakai alat pelindung diri (APD) lengkap, yang membuatnya menjadi makin 'tidak karuan'.

"Pertama kali autopsi itu takut, degdegan, karena yang kita hadapin itu manusia tapi kondisi tidak bernyawa," ujar Nasia.

"Kendalanya sih yang pasti emosional ya. Soalnya ini jenazahnya seorang bayi dan rasanya sedih banget melihat kondisi bayinya tidak bernyawa dan mengenaskan," lanjutnya.

Dalam video tersebut pun tampak Nasia memasukkan teh celup ke dalam maskernya. Disebutkan, hal ini untuk meminimalisir bau dari jenazah.

"Jadi teh yang saya gunakan itu bisa sewaktu-waktu saya lepas kalau semisalnya kita disuruh identifikasi bau oleh dokter pembimbing," ucapnya.

Terlepas dari pengalaman pertamanya dalam melakukan autopsi jenazah, Nasia sangat menyayangkan masih ada orang yang tidak bertanggung jawab karena telah meninggalkan bayi ketika lahir hingga meninggal dunia.

"Untuk orang yang berkesempatan untuk dititipkan buah hati setidaknya sayangi, kasihi, dan rawat dengan sepenuh hati, karena di luar sana masih banyak orang yang menginginkan dan sudah berusaha keras untuk mendapatkan buah hati," jelasnya.

"Dan untuk generasi muda ke depannya tetap menjaga pergaulan agar tidak melakukan seks bebas sebagai salah satu upaya pecegahan terhadap kejadian seperti ini," tuturnya.

Video yang dibagikan oleh Nasia dalam akun TikTok miliknya, @callmenasiaaaaaaaa, ini telah ditonton lebih dari 3,5 juta pengguna.



Simak Video "PB IDI Akan Keluarkan Fatwa Medsos bagi Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)