Jumat, 23 Apr 2021 04:07 WIB

Atta Halilintar Positif Corona Lagi, Ini Kemungkinan Penyebab Reinfeksi

Firdaus Anwar - detikHealth
Atta Halilintar menjadi Anggota IMI Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Youtuber Atta Halilintar mengumumkan dirinya kembali terinfeksi virus Corona COVID-19. Atta diketahui sudah pernah terinfeksi beberapa waktu sebelum menikah dengan Aurel Hermansyah.

"Ya Allah Shock!! Aku positif COVID-19 lagi untuk kedua kalinya... Setelah swab test untuk besok kerja terbang ke Solo...Ternyata hasilnya positif," tulis Atta di halaman Instagram pada Kamis (22/4/2021).

"Untuk teman-teman yang abis ketemu aku sama istri mohon segera swab ya. Maaf ya temen-temen di Solo udah excited banget mau ke sana semoga setelah sembuh tetap bisa ke sana! I'll be back stronger insyaAllah," lanjut Atta dalam keterangan foto yang menunjukkan dirinya sedang terbaring lemas.

Seseorang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 memang bisa mengembangkan imunitas secara alami. Namun, kadang ada saja kasus-kasus penyintas yang kembali terinfeksi atau disebut juga reinfeksi.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, ini berbagai kemungkinan penyebab reinfeksi:

1. Antibodi yang menurun

Saat pertama kali terinfeksi COVID-19, respons sistem imun tiap orang bisa berbeda-beda. Antibodi yang dihasilkan oleh respons awal ini juga kemudian bisa berkurang seiring berjalannya waktu.

"Tingkat imunitas yang rendah setelah infeksi akan sulit untuk disamakan dengan perlindungan pasti dari reinfeksi," tulis peneliti seperti dikutip dari jurnal The Lancet.

2. Varian dan mutan

Beberapa varian virus Corona bisa memiliki mutasi tertentu yang dapat membuat virus dapat menghindari antibodi yang dimiliki oleh sebagian penyintas.

Sebagai contoh varian P1 di Brasil telah dikonfirmasi bisa menyebabkan kasus reinfeksi.



Simak Video "Studi: Hanya 0,65% Pasien COVID-19 yang Alami Reinfeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)