Jumat, 23 Apr 2021 06:19 WIB

Atta Halilintar Dua Kali Kena Corona, Seberapa Umum Kasus Reinfeksi?

Firdaus Anwar - detikHealth
atta halilintar Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Youtuber Atta Halilintar mengaku kembali terinfeksi virus Corona COVID-19. Ia mengimbau agar semua orang yang sempat bertemu dengan dirinya segera melakukan tes.

"Ya Allah Shock!! Aku positif COVID-19 lagi untuk kedua kalinya... Setelah swab test untuk besok kerja terbang ke Solo...Ternyata hasilnya positif," tulis Atta di halaman Instagram pada Kamis (22/4/2021).

Seseorang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 memang bisa mengembangkan kekebalan alami terhadap virus. Namun, kadang karena berbagai sebab kasus infeksi berulang atau reinfeksi bisa terjadi.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal The Lancet menyebut kejadian reinfeksi secara umum sebetulnya tidak banyak terjadi. Penelitian di Denmark melihat hanya sekitar 0,65 persen pasien yang pernah terdeteksi positif saat gelombang pertama Corona kembali terinfeksi di gelombang kedua.

Sebagian besar kasus reinfeksi disebut lebih mungkin terjadi pada kelompok usia di atas 65 tahun.

"Studi kami mengonfirmasi apa yang sudah diduga oleh banyak ahli. Reinfeksi jarang terjadi pada usia muda sehat, tapi kelompok lansia berisiko bisa kena lagi," kata Dr Steen Ethelberg dari Statens Serum Institut.

Hanya saja para peneliti menekankan studi menggunakan data pandemi di tahun 2020, ketika belum banyak varian. Karena itu situasinya sekarang mungkin sudah berbeda, beberapa varian Corona diketahui bisa lebih mudah menghindari antibodi dan menyebabkan reinfeksi.



Simak Video "Studi: Hanya 0,65% Pasien COVID-19 yang Alami Reinfeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)