Jumat, 23 Apr 2021 09:00 WIB

Siap-siap! Akan Ada Vaksin Corona Dosis Ketiga

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Rencana soal suntikan ketiga dosis vaksin virus Corona kembali muncul. Menurut kepala petugas medis BioNTech, Dr Ozlem Tureci, kekebalan antibodi dari dua dosis vaksin terhadap virus kemungkinan berkurang.

Dr Tureci mengatakan orang-orang perlu mendapatkan vaksinasi COVID-19 ini setiap tahun, seperti vaksin flu musiman.

"Kami melihat indikasi untuk ini. Kami melihat memudarnya respons imun ini juga pada orang yang baru saja terinfeksi dan itu juga sepertinya dengan vaksin," jelasnya yang dikutip dari CNBC International, Kamis (22/4/2021).

Hal ini serupa juga pernah diungkapkan oleh CEO Pfizer Albert Bourla. Ia mengatakan orang-orang mungkin akan membutuhkan suntikan ketiga vaksin, 12 bulan setelah menerima dua dosis sebelumnya.

Pernyataan tersebut muncul karena adanya mutasi virus yang menyebabkan varian baru. Beberapa varian diketahui mengandung mutasi ganas E484K atau 'Eek' yang membuat virus tersebut mudah menular, termasuk pada kelompok muda dan anak-anak. Bahkan beberapa vaksin disebut tidak efektif untuk melawan varian hasil mutasi itu.

Selaras dengan itu, perusahaan vaksin Sinovac, Coronavac mengatakan tengah melakukan penelitian tentang kemungkinan suntikan vaksin dosis ketiga untuk memperkuat efikasi vaksin.

"Kami sekarang menganalisa data tingkat perlindungan setelah enam bulan, termasuk melakukan eksperimen dalam memberikan suntikan ketiga pada penerima untuk melihat apakah ada peningkatan proteksi lebih tinggi. Beberapa hasilnya diharapkan akan segera keluar," jelas CEO Sinovac, Yin Weidong yang dikutip dari Global Times.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)