Jumat, 23 Apr 2021 10:35 WIB

Waduh! Kasus COVID-19 Sudah Terdeteksi di Gunung Everest

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, tercatat bertambah tinggi 86 centimeter dibanding sebelumnya. Foto: Getty Images
Jakarta -

Kasus infeksi virus Corona kini terdeteksi di Gunung Everest untuk pertama kalinya. Hal ini dialami oleh salah satu anggota ekspedisi yang dinyatakan positif COVID-19.

Dikutip dari Daily Mail, kasus ini berawal saat anggota ekspedisi itu sakit. Orang-orang mengira dia menderita edema paru ketinggian.

Namun, saat sampai di rumah sakit Kathmandu, Nepal, orang tersebut dinyatakan positif COVID-19. Kasus ini diketahui terjadi pada pekan lalu.

Selain anggota ekspedisi tersebut, tidak ada kasus lain yang terdeteksi. Tetapi, anggota kelompok pendaki lainnya diwajibkan untuk menjalani karantina terlebih dulu di Base Camp.

Kasus ini terjadi saat pendakian di Gunung Everest ini diizinkan kembali sejak pandemi COVID-19 melanda. Para pendaki diperbolehkan mendaki lagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Dengan dimulainya musim pendakian di sana, lebih dari 300 pendaki diperkirakan akan mencoba mendaki gunung setinggi 8.848 meter pada musim ini. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan pada tahun 2019 yang mencapai 381 pendaki.



Simak Video "Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Picu Diabetes pada Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)