Senin, 26 Apr 2021 07:41 WIB

Warga Desa di India Berusaha Usir Virus Corona dengan Obor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas India melaporkan lebih dari 73 ribu kasus virus Corona dalam sehari di wilayahnya. Total kasus Corona di India semakin mendekati angka 7 juta kasus. Foto: AP Photo
Jakarta -

Penduduk desa di distrik Agar Malwa, Madhya Pradesh, India, punya cara unik untuk melawan virus Corona. Mereka membawa obor sambil meneriakkan 'pergi Corona, pergi' sebagai upaya melawan COVID-19.

"Bhaag Corona Bhaag (pergi Corona pergi)," teriak warga desa tersebut.

Dilaporkan media lokal, para warga desa berlari dengan obor di tangan mereka sambil menyerukan slogan tersebut, berharap akan terbebas dari virus Corona di desa mereka.

Insiden tersebut, yang dilaporkan terjadi di desa Ganeshpura di distrik Agar Malwa di Madhya Pradesh, terungkap setelah sebuah video menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa warga desa berlarian di jalanan sambil mengacungkan obor dan meneriakkan "bhaag corona bhaag". Mereka kemudian terlihat melemparkan obor ke udara.

Penduduk setempat percaya bahwa dengan praktik ini, desa mereka akan terhindar dari amukan COVID-19.

seorang tetua setempat mengatakan bahwa sesepuh telah memberitahu mereka bahwa setiap kali ada wabah, satu orang dari setiap rumah akan lari dengan obor yang menyala dari rumah mereka ke perbatasan desa, pada hari Minggu atau Rabu malam.

"Di desa saya Ganeshpura, selama dua-tiga hari terakhir, satu kematian dilaporkan setiap hari dan itu telah memicu kepanikan di antara penduduk desa," katanya dikutip dari India Today.

"Ada kedamaian di desa sejak kami melakukan prosesi ini," lanjutnya.

Penduduk setempat lainnya juga mengatakan banyak orang di desa itu menderita demam dan beberapa bahkan meninggal, tetapi tidak ada kasus penyakit yang ditemukan di desa itu sejak hari di mana ritual itu dilakukan.

Tahun lalu, video Menteri Persatuan Negara Ramdas Athawale, Konsul Jenderal China di Mumbai Tang Guocai dan biksu Buddha meneriakkan "Go Corona, Go Corona" pada pertemuan doa menjadi viral di media sosial. Seperti yang diklaim Athwale, slogan 'Go corona go' sempat menjadi "tenar di seluruh dunia".



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)