Selasa, 27 Apr 2021 11:10 WIB

Pakar Sarankan WFH-Cegah Klaster Perkantoran, Netizen: Fungsi Vaksin Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan masih terus berjalan. Pemprov DKI Jakarta gelar vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta. Foto: Rengga Sancaya

Apa sih fungsi vaksin?

Vaksin tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri sendiri, namun juga untuk melindungi orang-orang sekitar. Ketika kebanyakan orang dalam suatu komunitas divaksinasi untuk melawan suatu penyakit, kemampuan patogen untuk menyebar menjadi terbatas. Ini disebut kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Vaksin dapat melindungi diri dan sekitar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya karena vaksin membentuk kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan efektif," ujar dr Reisa Broto Asmoro dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Namun belum ada vaksin yang 100 persen ampuh mencegah penularan sehingga risiko terinfeksi tetap ada.

Dijelaskan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, kontribusi utama terjadinya peningkatan kasus adalah longgarnya prokes usai vaksinasi.

"Padahal kita tahu saat pandemi di mana penularan dan jumlah virus sangat tinggi tentunya risiko tertular juga sangat tinggi walau sudah mendapatkan vaksinasi," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Klaster Perkantoran Naik, Satgas Imbau Penutupan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)