Rabu, 28 Apr 2021 20:01 WIB

Aturan Lepas Masker saat Sudah Vaksin Dinilai Tak Cocok untuk RI, Ini Alasannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth

Berikut sejumlah contoh dari panduan CDC soal penggunaan masker di luar ruangan.

Bagi yang belum divaksinasi COVID-19:

  • Setiap orang diperbolehkan untuk melepas masker ketika beraktivitas di ruang terbuka, seperti saat berolahraga sendirian atau dengan anggota rumah yang sama.
  • Menghadiri pertemuan luar ruangan kecil dengan keluarga dan teman yang sudah mendapat vaksin Corona dosis kedua.

Bagi yang sudah divaksinasi COVID-19:

  • Menghadiri pertemuan kecil di luar ruangan dengan orang-orang yang divaksinasi dosis kedua dan yang tidak divaksinasi.
  • Makan bersama di luar ruangan dengan beberapa orang. Untuk kegiatan semacam ini, orang yang belum divaksinasi harus tetap memakai masker dan menjaga jarak.

Wajib memakai masker saat:

  • Menghadiri acara outdoor yang ramai, seperti parade, acara olahraga, atau pertunjukan langsung.
  • Melakukan segala kegiatan di dalam ruangan yang melibatkan kontak fisik dengan orang selain anggota keluarga di rumah.

Meski diizinkan untuk melepas masker saat berada di luar ruangan, CDC tetap menyarankan penggunaan masker bagi mereka yang tidak mengetahui status risiko COVID-19 di lingkungan sekitar.

"Orang-orang tidak mungkin mengetahui status vaksin orang-orang di sekitar mereka, dan belum jelas apakah orang yang divaksinasi penuh masih dapat menyebarkan virus tanpa menjadi sakit sendiri. Orang yang tidak divaksinasi juga harus menjaga jarak sosial," kata CDC.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(ryh/naf)