Senin, 03 Mei 2021 14:05 WIB

2 Vitamin yang Tak Boleh Absen saat Jalani Puasa di Masa Pandemi

Content Promotion - detikHealth
Mecosin Foto: Dok. Mecosin
Jakarta -

Menjalani tahun kedua masa pandemi COVID-19 di seluruh dunia, masyarakat Indonesia mau tidak mau, suka atau tidak suka meng-upgrade new normal lifestyle atau dalam bahasa Indonesia disebut Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dalam segala lini. Demi tetap berlangsungnya kehidupan, sekarang masyarakat sudah fasih untuk selalu pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Mawas diri dan disiplin melakukan AKB pun telah didisiplinkan di rumah, fasilitas umum, bahkan semua jenis perkantoran.

Bulan puasa Ramadhan 1442 Hijriah merupakan puasa kedua di masa pandemi. Masyarakat Indonesia sudah seharusnya menyadari pula bahwa tak cukup hanya AKB aktivitas fisik yang perlu dan rutin dilakukan.

Memang semenjak pandemi, masyarakat Indonesia semakin melek pentingnya kebersihan dan kesehatan. Hal ini membuat produk suplemen kesehatan semakin dibutuhkan di masa pandemi karena masyarakat berharap apabila kebutuhan vitamin terpenuhi, maka daya tahan tubuh juga akan terjaga.

Jika Anda pernah membaca testimoni para survivor atau penyintas COVID-19, Anda mungkin tahu suplemen wajib yang dikonsumsi rutin di tempat perawatan di antaranya adalah vitamin C dan D. Suplemen vitamin C dan D tak boleh absen saat jalani puasa di masa pandemi.

MecosinFoto: Dok. Mecosin

Vitamin C Sebelum Imsak, Agar Tak Mudah Sakit

Vitamin C atau asam askorbat adalah jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi alami oleh tubuh, sehingga dibutuhkan asupan dari luar untuk memenuhinya. Uniknya vitamin C mudah diserap di jaringan tubuh dan saluran cerna karena larut dalam air dan tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga aman dikonsumsi setiap hari.Anda dapat memilih jeruk, jambu biji, kiwi, mangga, blewah, atau sayuran seperti kubis, brokoli, ubi jalar, dan paprika merah sebagai sumber vitamin C yang aman dikonsumsi setiap hari.

Melansir dariThe Healthy, Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari dengan mengonsumsi asupan tinggi vitamin C. Laman Nutrition Source Harvard University mengungkap manfaat penting vitamin C khususnya saat menjalankan ibadah puasa antara lain,

  1. Vitamin C efektif membantu tubuh Anda kuat dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh yang meningkat.
  2. Sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh agar tidak rusak akibat pengaruh radikal bebas sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan juga penuaan dini.
  3. Vitamin C membantu produksi kolagen sehingga menjaga elastisitas dan kelenturan kulit juga memudahkan proses penyembuhan luka.

Berbagai studi menyatakan idealnya dosis harian vitamin C yang diasup tubuh di masa pandemi adalah 500-1000 mg per hari. Untuk mendukung secara positif AKB yang terjadi pada masyarakat Indonesia, Mecosin Indonesia yang puluhan tahun dikenal sebagai produsen obat dan suplemen herbal asli Indonesia memproduksi MecoVit-C 500mg. MecoVit-C 500 mg khusus diproduksi bagi Anda yang berada pada usia produktif dan masih aktif di luar rumah, untuk menjaga daya tahan tubuh sekaligus menurunkan risiko terjangkit COVID-19.

Mecosin Foto: Dok. Mecosin

Vitamin D3 Setelah Berbuka Puasa, Untuk Jaga Mood Seharian

Tidak makan dan minum dalam waktu yang lama seperti momen berpuasa, jelas akan memengaruhi suasana hati aliasmoodAnda. Sekalipun berpuasa, Anda tetap disarankan untuk menyempatkan diri berjemur atau beraktivitas di bawah sinar matahari. Vitamin D yang larut dalam lemak tubuh memiliki beberapa manfaat penting antara lain,

  • Mengurangi risiko depresi sebab vitamin D dapat membantu menenangkan emosi Anda sehingga lebih stabil.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Selama bulan puasa, vitamin D3 akan membantu tubuh Anda melawan infeksi ataupun virus yang mengancam.
  • Memelihara kesehatan tulang.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta mencegah kanker.
  • Membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bonus manfaat puasa yaitu menurunkan berat badan, wajib mengonsumsi suplemen vitamin D.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari, berjemurlah di bawah sinar matahari ± 15 menit. Pukul 09.30-10.30 WIB atau pukul 14.00-15.00 WIB merupakan waktu yang ideal, karena pada waktu tersebutlah sinar Ultra Violet B (UVB) mengandung vitamin D terbanyak. Sebagai alternatif pemenuhan vitamin D3, kini telah tersedia MecoVit-D3 dengan dosis 1.000 IU produksi PT Mecosin Indonesia. Dosis 1.000 IU suplemen vitamin D ini direkomendasikan sebagai dosis maintenance standar untuk menjaga kadar vitamin D dalam darah tetap optimal. Asupan vitamin D3 setelah berbuka puasa sangatlah penting untuk menjaga mood Anda setelah berbuka hingga keesokannya kembali menjalankan ibadah puasa.

Mecosin Foto: Dok. Mecosin

Mecosin Dukung Adaptasi Kebiasaan Baru Rutin Minum Suplemen

Sejalan dengan visi dan misi PT Mecosin Indonesia untuk "Menyehatkan masyarakat Indonesia", Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap mengonsumsi suplemen vitamin tambahan, yakni vitamin C dan D3 di bulan puasa. Menjaga asupan vitamin tetap seimbang di Bulan Ramadhan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan Anda menjalankan puasa sebulan penuh. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi MecoVit-C 500 mg dan MecoVit-D3 1000 IU sesuai rekomendasi yang tertulis dalam kemasan agar dapat mencukupi kebutuhan vitamin seluruh keluarga.

Semenjak peluncurannya, suplemen vitamin MecoVit C-500 mg dan vitamin MecoVit-D3 1000 IU telah mendapatkan respons positif. MecoVit C-500 mg dan MecoVit D3-1000 IU direkomendasikan untuk orang dewasa muda di usia produktif yang masih aktif menjalankan aktivitas keseharian di luar rumah agar memiliki daya tahan tubuh yang sehat terutama terhadap COVID-19. Minum suplemen MecoVit-C 500 mg sebelum Imsak dan suplemen MecoVit-D3 1000 IU setelah berbuka puasa untuk memastikan kesehatan keluarga terjaga sempurna.

Kemasan suplemen MecoVit C-500 mg dan vitamin MecoVit-D3 1000 IU lebih higienis dengan kemasan strip. Manfaat suplemennya nyata dan dapat langsung dirasakan, terlebih harganya pun terjangkau. Dapatkan MecoVit-C 500 mg dan MecoVit-D3 1000 IU di apotek, toko obat, maupun online shopping terpercaya Anda seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Bukalapak. Nantikan berbagai produk suplemen varian lainnya dari PT Mecosin Indonesia yang dipersembahkan untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia.

(ads/ads)