Rabu, 05 Mei 2021 10:00 WIB

Tajir Melintir Seperti Bill-Melinda Gates, Kok Cerai di Usia Mapan? Ini Kata Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Bill Gates dan Melinda Gates cerai setelah 27 tahun menikah, bagaimana nasib Yayasan Gates? Bill Gates dan Melinda Ann French bercerai setelah 27 tahun menikah. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Bill Gates dan Melinda Ann French menghebohkan dunia lantaran bercerai sembari bergelimang harta. Mengingat, pasangan ini menjalankan salah satu perusahaan yayasan amal terbesar di dunia, berfokus pada kesehatan masyarakat.

Psikolog Anastasia Sari Dewi, founder pusat konsultasi Anastasia and Associate, menyebut perceraian adalah risiko dalam setiap hubungan pernikahan. Meski setiap pasangan memiliki kondisinya sendiri, perubahan atau hilangnya komitmen umumnya menjadi basis perceraian.

"Setiap orang mempunyai pertimbangan masing-masing. Tapi kalau kita mau mengelompokan faktor penyebabnya dari psikologi, biasanya melihat dari emosi, ekonomi, sosialnya juga berpengaruh," terangnya dalam program e-Life detikcom, Jumat (2/4/2021).

"Tapi biasanya di bagian komitmennya, akhirnya mau tidak mau dilepaskan atau dikorbankan. Dalam percintaan, pernikahan, pasti ada beberapa faktor, salah satunya komitmen. Kalau sudah memutuskan bercerai, entah alasannya apa pun dia memutuskan untuk komitmennya ya sudah di situ, berkurang komitmennya," lanjutnya.

Sementara itu, psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani memaparkan sejumlah potensi penyebab perceraian.

Sejalan dengan paparan Sari, kasus perceraian kerap berbasis perubahan komitmen.

"Baru menyadari bahwa mereka ternyata sudah begitu lama hidup 'terpisah'. Jadi, ceritanya kadang pasangan saking seringnya mengurusi rumah atau anak-anak, mereka lupa mengurus diri sendiri sebagai pasangan. Contoh, jarang meluangkan waktu bersantai berdua atau menyelesaikan masalah sebagai pasangan," terang Nina, sapaan akrabnya, pada detikcom, Rabu (5/3/2021).

Mungkin juga, pasangan sudah lama menghadapi masalah. Lantaran tak kunjung berhasil memecahkan masalah bersama, perpisahan menjadi solusi terbaik.

Namun tak tertutup kemungkinan, perceraian disebabkan masalah yang tak bisa disamakan antara 1 pasangan dengan pasangan lainnya. Mulai dari perselingkuhan, perbedaan prinsip hidup, kondisi sakit, hingga faktor ekonomi.

"Hal lainnya sih relatif sama dengan pasangan yang bercerai di usia muda. Misalnya karena perselingkuhan yang dilakukan oleh salah satu, baru ketahuan. Perselisihan ekonomi juga bisa terjadi, dan lain-lain," imbuh Nina.



Simak Video "Efek Panjang Pada Anak Jika Orang Tua Bercerai"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya