Rabu, 05 Mei 2021 17:15 WIB

Tetap Fit dan Berstamina Meski Puasa, AHY Makannya Apa Sih?

Vidya Pinandhita - detikHealth
AHY saat menyambangi kantor detikcom, Rabu (5/5/2021) Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Bagi politisi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), keseimbangan adalah kunci untuk tubuh yang fit dalam menjalankan ibadah puasa. Apalagi, Ramadhan tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Jaga keseimbangan di kehidupan sehari-hari. Terlebih di bulan puasa, tantangannya mungkin kita agak lemas karena biasanya makan 3 kali sehari, tapi sekarang pagi-pagi kita bangun sahur, setelah itu menunggu buka puasa. Tapi makin lama, pasti akan terbiasa menurut saya," ujarnya saat ditemui di kantor detikcom, Kamis (5/5/2021).

Di usia 42 tahun, AHY mengaku bukan tipe orang yang makan 'clean' sepanjang hari. Seperti kegemaran masyarakat +62, gorengan kerap jadi menu berbukanya.

Namun yang paling penting, ia memastikan asupannya tak berlebihan. Semakin lengkap, jika asupan makan ditambah konsumsi vitamin.

"Saya sendiri nggak ada pantangan yang harus healthy banget, nggak juga. Cuma juga jangan terlalu banyak gorengan, secukupnya. Nasi karbohidrat secukupnya karena gulanya kan banyak juga. Selebihnya oke-oke saja, dijagalah jangan berlebihan," bebernya.

Tetap olahraga meski puasa

Selain itu demi menjaga bentuk dan stamina tubuh, AHY tetap mengupayakan olahraga di sore hari. Meski tak bisa berolahraga setiap hari karena padatnya kesibukan, olahraga perlu disempatkan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Di tengah pandemi, ia memilih berolahraga di rumah. Misalnya dengan angkat barbel atau berenang.

"Sore hari (olahraga) karena kalau pagi, mungkin masih panjang sampai buka puasa. Biasanya orang berolahraga pagi, tapi kalau puasa gini kita biasanya sore atau malam," imbuhnya.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)