Kamis, 06 Mei 2021 05:55 WIB

Penyebab Pangeran Philip Meninggal adalah 'Usia Tua', Apa Artinya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
drinkPangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnya Pangeran Philip (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Penyebab meninggalnya Pangeran Philip pada April silam tak pernah diungkap oleh Kerajaan Inggris. Namun sertifikat kematian yang beredar menyebut penyebabnya adalah 'old age' alias sudah tua.

Secara resmi, ini artinya Duke of Edinburgh meninggal setelah mengalami penurunan kesehatan yang berkaitan dengan penuaan. Tidak ada penyakit tertentu yang secara spesifik disebutkan sebagai penyebab kematian.

Namun faktanya, seseorang tidak meninggal hanya karena usia yang menua. Sel-sel tubuh memang menua, tetapi tidak serta-merta menyebabkan kematian.

Yang umum terjadi adalah, beberapa masalah medis muncul dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Dikutip dari ABC Net Australia, berbagai masalah tersebut memicu akumulasi kerusakan, sel-sel tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri, lalu sistem imun melemah.

Berbagai masalah medis yang dimaksud bisa mencakup gangguan jantung, tekanan darah tinggi maupun rendah, maupun penyakit-penyakit neurodegeneratif seperti Parkinsons dan Alzheimers.

"Berbagai kondisi itu pada akhirnya mempengaruhi sistem-sistem penting dalam tubuh, seperti fungsi otak dan mobilitas," kata Dr Tuly Rosenfeld, pakar manula dari University of New South Wales (UNSW), dikutip dari abc.net.au.

Dicontohkan, seseorang dengan penyakit Alzheimers sering dikaitkan dengan kesulitan mengunyah dan menelan. Gangguan ini bisa menyebabkan komplikasi yang menyebabkan kematian.

"Alasan banyak lansia meninggal diam-diam dalam tidurnya adalah karena sistem menelan mereka tidak bekerja, lali makanan, cairan, liur, masuk ke paru-paru, kena pneumonia, lalu meninggal," jelasnya mencontohkan.

TMZ menyebut, menuliskan 'usia tua' sebagai penyebab kematian diperbolehkan di Inggris untuk seseorang di atas 80 tahun dan punya seorang dokter yang merawatnya bertahun-tahun. Syarat lainnya adalah tidak ada penyakit atau cendera lain yang bisa dipastikan sebagai penyebab kematian.



Simak Video "Pangeran Philip Meninggal Dunia, Sempat Dirawat Karena Masalah Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)