Kamis, 06 Mei 2021 14:04 WIB

Makin Ngeri! India Catat Rekor Kasus Baru dan Kematian COVID-19 Sekaligus

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Belum juga mereda, Corona India mencetak rekor 412.262 kasus baru COVID-19 dan rekor kematian harian nyaris 4 ribu kasus. Ada 3.980 warga India meninggal karena COVID-19 saat gelombang kedua membuat fasilitas kesehatan kewalahan menangani pasien Corona.

Diperkirakan, infeksi COVID-19 di India akan mencapai puncaknya beberapa hari ke depan. Hingga kini, Kementerian Kesehatan India mencatat lebih dari 21 juta kasus dengan total kematian akibat Corona sebanyak 230.168.

"Sementara spekulasi puncak Corona di India diprediksi Rabu depan," kata Rijo M John, seorang profesor di Institut Manajemen India di negara bagian selatan Kerala, di Twitter.

Situasi COVID-19 di India semakin mengkhawatirkan, setiap RS berjuang mencari pasokan tempat tidur hingga oksigen di tengah ledakan COVID-19. Menurut data WHO, kasus Corona di India bahkan menyumbang hampir setengah kasus Corona yang dilaporkan di seluruh dunia, dan seperempat kasus kematian COVID-19 di dunia.

Beberapa pakar mengatakan, angka sebenarnya Corona di India bisa lima hingga 10 kali lipat dari penghitungan resmi.

Krisis COVID-19 India paling parah menyerang ibu kota New Delhi.

"Orang-orang ketakutan dan meringkuk di rumah mereka karena demam dan batuk. Gejalanya semuanya COVID-19, tetapi tanpa informasi yang tersedia, banyak yang mengira itu adalah flu musiman," jelas salah satu pakar India.

Perdana Menteri India, Narendra Modi telah banyak dikritik karena tidak bertindak cepat untuk menekan gelombang kedua COVID-19, setelah festival keagamaan dan demonstrasi politik menarik puluhan ribu orang dalam beberapa pekan terakhir dan menjadi acara 'super-spreader' COVID-19.

(naf/up)