Jumat, 07 Mei 2021 04:30 WIB

AS Dukung Gagasan Longgarkan Paten Vaksin COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Foto: iStock
Jakarta -

Gagasan untuk menangguhkan sementara hak paten atas vaksin COVID-19 menguat. Amerika Serikat (AS) telah menyatakan dukungan, sementara Uni Eropa juga membuka diri untuk berdiskusi.

Dukungan pemerintah AS disampaikan oleh perwakilan perdagangan Katherine Tai dalam sebuah pernyataan. Disebutkan, COVID-19 merupakan krisis kesehatan global yang membutuhkan langkah-langkah luar biasa.

"Pemerintah sangat percaya pada perlindungan atas kekayaan intelektual, tetapi dalam rangka mengakhiri pandemi, mendukung pengabaian perlindungan untuk vaksin COVID-19," tulisnya, dikutip dari Reuters, Jumat (7/5/2021).

Dirjen organisasi kesehatan dunia WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus memuji sikap AS sebagai momen monumental dalam memerangi COVID-19. Sikap ini disebutnya mencerminkan kepemimpinan moral dari Gedung Putih untuk memerangi pandemi.

Gagasan untuk menangguhkan sementara paten vaksin COVID-19 bertujuan untuk meningkatkan produksi vaksin secara global. Terkait pro dan kontra yang muncul, presiden Komisi Eropa von der Leyen telah menyatakan siap berdiskusi.



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)