Jumat, 07 Mei 2021 05:00 WIB

Rekor Bayi Kembar 9 Lahir di Mali, Begini Kondisinya Sekarang

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Bayi kembar 9 lahir di Mali (Foto: iStock)
Jakarta -

Rekor baru kelahiran kembar terbanyak pecah di Mali, 9 bayi lahir dalam sekali persalinan. Namun bayi kembar 9 ini masih harus dirawat 2-3 bulan sebelum diperbolehkan pulang.

Dikutip dari BBC, Prof Youssef Alaoui dari Klinik Ain Borja di Casablanca, Maroko, mengatakan bahwa kehamilan dan kelahiran ini sangat-sangat langka dan luar biasa. Kesembilan bayi, 5 perempuan dan 4 laki-laki, seluruhnya sehat.

Halima Cisse (25), sang ibu, melahirkan bayi-bayi tersebut dengan bobot antara 500-1.000 gram. Ia tidak menjalani program kesuburan sebelumnya. Sebelum melahirkan, ia sempat mengalmai perdarahan namun akhirnya bisa dikendalikan.

"Ibunya sekarang dalam kondisi sehat dan tidak lagi dalam bahaya. Kami berharap bayi-bayinya cepat pulih," kata Prof Alaoui.

Dikabarkan sebelumnya, pemindaian USG hanya menunjukkan ada 7 bayi dalam kandungan Cisse. Keberadaan 2 bayi tambahan baru diketahui saat keduanya dilahirkan.

Kelahiran bayi kembar 9 dikenal juga sebagai nonuplet. Sedikitnya ada 2 set nonuplet yang pernah tercatat sebelumnya, yakni di Australia pada 1971 dan Malaysia pada 1999. Namun tidak satupun yang bertahan lebih dari beberapa hari.

Rekor kembar terbanyak menurut Guiness World Record saat sebelumnya dipegang oleh Nadya Suleman pada 2009, dengan 8 bayi atau octuplet yang kini sudah berusia 12 tahun. Kembar 8 ini didapat melalui pembuahan in vitro fertilization.



Simak Video "WHO akan Bangun Pusat Vaksin Corona di Afrika Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)