Jumat, 07 Mei 2021 06:00 WIB

4 Kondisi Raditya Oloan Sebelum Meninggal, Komorbid Asma hingga Badai Sitokin

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
suami Joanna Alexandra meninggal dunia Foto: Instagram
Jakarta -

Raditya Oloan, suami aktris Joanna Alexandra, meninggal dunia pada Kamis (6/5/2021). Mengejutkan karena selain masih relatif muda, ia juga sudah sempat dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Detail kondisi Raditya Oloan sebelum meninggal sempat diungkap oleh sang istri melalui unggahan di Instagram. Beberapa hal yang terungkap antara lain sebagai berikut.

1. Post COVID-19

Dalam unggahannya di Instagram, Selasa (4/5/2021), Alexandra menyebut kondisi suaminya 'post COVID-19 dengan komorbid asma'.

Setelah sempat dirawat di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet dan dipindah ke ICU RS Persahabatan, Radit memang sudah sempat dinyatakan sembuh dari COVID-19. Namun ada sejumlah masalah dengan kondisi tubuhnya sehingga belum bisa keluar dari ICU.

"Jadi sekarang suamiku posisinya masih di ICU, dibuat tidur karena memakai ventilator. Kondisinya post-covid dengan komorbid asma," tulis Joanna Alexandra dalam postingan terbarunya dilihat, Rabu (5/5/2021).

2. Usia relatif muda

Westny Dj, sahabat Alexandra, membenarkan bahwa Radit meninggal dunia pada Selasa (6/5/2021) pukul 18.143 WIB. Radit meninggal di usia yang relatif muda, yakni 36 tahun.

3. Komorbid asma

Dalam perwatan di ICU, Radit sempat menggunakan ventilator atau alat bantu pernapasan. Alexandra menyebut, sang suami memiliki riwayat komorbid asma.

4. Badai sitokin

Kondisi lain yang diungkap Alexandra adalah badai sitokin. Ini adalah kondisi respons imun tubuh yang berlebihan, biasanya dipicu oleh infeksi. Sitokin sendiri adalah protein yang mengkomunikasikan sinyal-sinyal tubuh untuk merespons infeksi. Respons berlebih pada sistem imun bisa memicu hyperinflammation.



Simak Video "Cegah Long Covid, Perhatikan Sejumlah Tindakan Preventif Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)