Sabtu, 08 Mei 2021 08:47 WIB

1,3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dari COVAX Kembali Tiba di Indonesia

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Sebanyak 1.389.600 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/5/2021). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ini adalah batch ketiga vaksin AstraZeneca yang didatangkan ke Indonesia melalui jalur multilateral COVAX Facility.

"Total vaksin AstraZeneca dari jalur COVAX atau jalur multilateral yang telah sampai dan tiba di Indonesia adalah sejumlah 6.410.500 dosis vaksin jadi," kata Menlu Retno dalam konferensi pers yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (8/5/2021).

"Jika kita hitung secara keseluruhan dengan ketibaan vaksin pada pagi ini, Indonesia telah mengamankan 75.910.500 dosis vaksin," lanjutnya.

Vaksin AstraZeneca sendiri adalah vaksin yang didistribusikan secara global, bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tujuannya agar semua negara di dunia bisa mendapatkan akses vaksin COVID-19 yang adil.

Hanya saja dalam beberapa bulan terakhir distribusi vaksin AstraZeneca sempat terganggu. Salah satu penyebabnya adalah karena ada embargo oleh pemerintah India yang merupakan produsen vaksin terbesar dunia.

"Indonesia sangat memahami bahwa upaya untuk memenuhi komitmen kesetaraan vaksin bagi seluruh negara tidaklah mudah... Kita apresiasi usaha tersebut," pungkas Retno.

(fds/fds)