Sabtu, 08 Mei 2021 17:16 WIB

Segar dan Sehat, 4 Minuman Ini Cocok untuk Temani Buka Puasa

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi Air Kelapa Minuman sehat dan enak untuk berbuka puasa. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Saat berbuka puasa, hal yang pertama kali dicari tentunya adalah minuman. Pasalnya, minuman memang bisa membuat tubuh kembali terasa segar dan menghilangkan dahaga usai seharian menjalani ibadah puasa.

Minuman ini penting untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang saat beraktivitas di siang hari. Namun, jangan sembarangan pilih jenis minuman saat berbuka puasa.

Alih-alih hanya fokus pada kesegaran yang dirasakan setelahnya, penting untuk turut melihat kandungan nutrisi yang terdapat pada minuman. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut 4 jenis minuman sehat dan segar yang cocok untuk temani waktu berbuka puasa.

1. Air putih

Air putih merupakan minuman terbaik yang harus kamu konsumsi saat berbuka puasa. Saat adzan berkumandang, sebaiknya kamu jangan langsung meminum minuman manis atau mengonsumsi takjil yang tersedia di meja makan. Selama bulan Ramadhan, perlu diingat juga untuk tetap meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya.

2. Air kelapa

Jenis minuman yang sering disajikan dengan es saat berbuka ini tak hanya enak, melainkan juga menyehatkan, lho. Minuman favorit banyak orang ini mengandung mineral elektrolit yang bisa mengembalikan energi tubuh dengan cara menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Air kelapa merupakan minuman yang cocok untuk mendongkrak energi usai berbuka puasa.

3. Jus buah

Jus buah bisa dijadikan salah satu minuman sehat untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang enak dan banyak disukai, jus buah juga mudah untuk disiapkan. Kamu bisa memilih buah sesuai dengan keinginanmu dan menyesuaikan porsi untuk dijadikan jus. Sejumlah buah-buahan juga bisa dikombinasikan agar rasanya menjadi lebih variatif, namun tetap enak dan sehat.

4. Teh hangat manis

Di Indonesia, teh hangat manis memang kerap kali selalu ada saat waktu berbuka puasa. Rasa manis yang didapat pada teh manis mampu mengembalikan energi yang telah hilang setelah 14 jam berpuasa. Mengonsumsi minuman hangat saat berbuka juga tak kalah segarnya, lho. Selain itu, rasa hangat pada teh manis hangat bisa membuat tenggorokan terhindar dari rasa sakit.

Namun, jika sudah mengonsumsi teh manis hangat, perlu diingat untuk jangan keterusan dan lanjut dengan makanan atau minuman manis lainnya ya. Sebab, bukannya sehat justru bisa berpotensi menaikkan berat badan.



Simak Video "Ngajarin Anak Puasa Lebih Mudah Daripada Ngajarin Matematika"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/sao)
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya