Minggu, 09 Mei 2021 14:08 WIB

5 Fakta 'Sindrom Havana' di Balik Dugaan Serangan Sonik Misterius di AS

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
stressed woman covering ears looking up noise upstairs Ilustrasi sindrom havana (Foto: thinkstock)

3. Sumber suara yang diarahkan

Terkait dugaan adanya sumber suara yang diarahkan, Kohen menyebutnya bisa menjadi senjata yang powerful. Ia mencontohkan alat medis yang disebut harmonic scalpel, yang digunakan dalam operasi pembedahan untuk memotong jaringan dengan getaran gelombang bunyi.

"Untuk memberi gambaran seberapa kuat, sekitar 10 tahun lalu, atau mungkin kurang, sebuah kapal diserang oleh bajak laut di pantai Somalia, dan di dalam mereka punya proyektor yang sangat kuat, diarahkan seperti meriam ke bajak laut dan pada dasarnya melindungi kapal itu," jelas Kohen.

4. Kemungkinan gelombang mikro

Siapa tidak kenal microwave? Ya, betul. Alat untuk memasak. Menurut Kohen, microwave atau gelombang mikro juga bisa sangat membahayakan.

"Jika Anda punya alat sejenis yang bisa memproyeksikan dan memfokuskan gelombang mikro atau teknologi suara lainnya, itu sangat merusak target, dan bia menyebabkan banyak gangguan pada target," jelasnya.

5. Diselidiki intelijen

Amerika Serikat saat ini tengah menginvestigasi kemungkinan serangan misterius dengan energi suara tersebut. Intelijen dilibatkan untuk mendapatkan pola yang lebih luas.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)